STUDI SISTEM PEMUNGUTAN ROTAN ALAM DI DESA TARIPA KECAMATAN SINDUE KABUPATEN DONGGALA

STUDI SISTEM PEMUNGUTAN ROTAN ALAM DI DESA TARIPA KECAMATAN SINDUE KABUPATEN DONGGALA


Abstrak

Indonesia merupakan negara penghasil hutan terkenal di dunia, baik dari hasil hutan kayu maupun dari hasil hutan non kayu. Hasil Hutan non kayu yang banyak terdapat di Indonesia adalah rotan (calamus), bermacam-macam getah, biji-bijian lemak, kayu gaharu (Thimelaeceae). Kegiatan pemungutan dan pengusahaan hasil hutan non kayu mempunyai peranan yang cukup besar dalam mengurangi pengangguran dan sebagai sumber mata pencaharian Fauzi (2008). Salah satu hasil hutan non kayu yang dikenal oleh masyarakat di sekitar hutan adalah rotan. Rotan termasuk salah satu tumbuhan hutan yang sangat penting karena dapat menghasilkan devisa negara, merupakan sumber mata pencaharian penduduk dan pengusahaannya menyerap tenaga kerja banyak. Sebagai negara penghasil rotan terbesar, Indonesia telah memberikan sumbangan sebesar 85% bahan baku dari kebutuhan rotan dunia (Jasni dkk, 2012).Sulawesi Tengah merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki kawasan hutan cukup luas, yaitu 4.394.932 ha atau sama dengan 64,60 % dari luas daratannya.
Salah satu penghasil rotan di Sulawesi Tengah adalah Desa Taripa Kecamatan Sindue Kabupaten Donggala. Masyarakat Desa Taripa memanfaatkan rotan sebagai mata pencaharian sampingan. Pemungutan rotan sudah sejak dulu dilakukan dari nenek moyang mereka hingga generasi saat ini sehingga sistem pemungutan yang dilakukan masi bersifat tradisional.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem pemungutan rotan alam di Desa Taripa Kecamatan Sindue Kabupaten Donggala.
Metode pengumpulan data dilaksanakan dengan cara pengamatan lapangan/observasi, wawancara, studi literatur dan analisis data secara deskriptif kwalitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Proses pemungutan rotan yang dilakukan oleh masyarakat Desa Taripa Kecamatan Sindue Kabupaten Donggala yaitu perencanaan pemungutan (waktu pemungutan, persiapan peralatan, persiapan perbekalan), proses pemungutan (pembersihan lokasi pemungutan, membersihkan bagian pangkal batang rotan, menebang atau memotong pangkal batang rotan, menarik batang rotan, pembersihan pelepah duri rotan, pelurusan, pengikatan, pengangkutan, perendaman di TPn, dan pemasaran).

Kata kunci : Sistem. Pemungutan. Rotan.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Iqramullah
Pengarang Iqramullah
Edisi Publish
No. Panggil
Subyek f.pertanian
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Universitas Muhammadiyah Palu
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit Indonesia
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :
f.pertanian

Citation

Iqramullah. (2018). STUDI SISTEM PEMUNGUTAN ROTAN ALAM DI DESA TARIPA KECAMATAN SINDUE KABUPATEN DONGGALA. Retrieved from http://repository.unismuhpalu.ac.id/?p=show_detail&id=65&ath=Iqramullah&yr=2018

 



Info Repository

Selamat datang di Repository Universitas Muhammadiyah Palu. Gunakan kotak penelusuran untuk mencari judul Skripsi, Tesis, dan Disertasi.

Media Sosial / Kanal

Facebook Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official
Youtube Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official
Instagram Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official

Alamat

Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Palu
Jl. Jabal Nur, No 1.
Talise, Mantikulore
Telp: 0451-425627
E-mail: contact@unismuhpalu.ac.id