TINJAUAN YURIDIS TENTANG PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN


Abstrak

Dalam hubungan hukum antara pelaku usaha dengan konsumen, konsumen pada umumnya tidak memiliki posisi yang kuat. Dalam keadaan yang demikian konsumen menjadi obyek aktivitas bisnis oleh pelaku usaha untuk mengambil keuntungan yang sebesar-besarnya. Kondisi ini akan menjadikan konsumen sebagai korban. Lahirnya Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen merupakan angin segar bagi konsumen untuk mempertahankan haknya apabila dirugikan oleh pelaku usaha.

Konsumen dapat melakukan gugatan melalui peradilan umum atau pada Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen untuk menyelesaikan sengketa konsumen, baik dengan secara konsiliasi, mediasi, ataupun arbitrase. Studi ini adalah penelitian hukum normatif yang ditunjang oleh data empiris. Sebagai bahan analisis dengan menggunakan pendekatan konseptual dan pendekatan statuta. Dalam pembahasan dipergunakan teori legal sistem dari Friedman dan teori penegakan hukum dari Soerjono Soekanto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baru dibentuk 27 BPSK yang berkedudukan di kabupaten dan kota di seluruh Indonesia, dengan demikian usaha perlindungan konsumen belum sesuai dengan yang diharapkan karena belum semua di kabupaten atau kota di tempat tinggal konsumen dibentuk BPSK sehingga apabila konsumen mau menggugat harus ke BPSK terdekat di luar tempat tinggal konsumen.

Kata kunci : Penyelesaian Sengketa Konsumen, Sengketa Konsumen


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Abdul Rahman Tibahary
Pengarang Abdul Rahman Tibahary
Edisi Publish
No. Panggil
Subyek Penyelesaian Sengketa Konsumen
Sengketa Konsumen
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Universitas Muhammadiyah Palu
Tahun Terbit 2013
Tempat Terbit Indonesia
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik


Citation

Abdul Rahman Tibahary. (2013). TINJAUAN YURIDIS TENTANG PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN. Retrieved from http://repository.unismuhpalu.ac.id/?p=show_detail&id=6&ath=Abdul%20Rahman%20Tibahary&yr=2013

 



Info Repository

Selamat datang di Repository Universitas Muhammadiyah Palu. Gunakan kotak penelusuran untuk mencari judul Skripsi, Tesis, dan Disertasi.

Media Sosial / Kanal

Facebook Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official
Youtube Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official
Instagram Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official

Alamat

Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Palu
Jl. Jabal Nur, No 1.
Talise, Mantikulore
Telp: 0451-425627
E-mail: contact@unismuhpalu.ac.id