ANALISIS PENDAPATAN DAN KELAYAKAN USAHATANI KACANG TANAH DI DESA BORA KECAMATAN BIROMARU KABUPATEN SIGI

ANALISIS PENDAPATAN DAN KELAYAKAN USAHATANI KACANG TANAH DI DESA BORA KECAMATAN BIROMARU KABUPATEN SIGI


Abstrak

Salah satu komoditi pertanian yang dapat membantu meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani adalah kacang tanah (Arachis hypogaea, L.). Tanaman kacang tanah merupakan salah satu tanaman palawija. Komoditi tanaman pangan yang memiliki prospek sangat baik untuk dikembangkan adalah kacang tanah, dengan melihat kondisi saat ini dimana permintaan kacang tanah meningkat seiring dengan banyak produk-produk makanan yang menjadikan kacang tanah sebagai bahan baku pokok, baik yang diawetkan/ instan atau makanan lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk pendapatan usahatani kacang tanah di Desa Bora Kabupaten Sigi, untuk mengetahui kelayakan usahatani kacang tanah di Desa Bora Kabupaten Sigi.
Penelitian telah dilaksanakan pada bulan Januari sampai dengan bulan Maret 2016, bertempat di Desa Bora Kecamatan Biromaru Kabupaten Sigi. Lokasi penelitian ditentukan secara sengaja (Purposive) Responden dalam penelitian ini adalah petani yang berusahatani kacang tanah, yang dipilih secara acak sederhana (Simple Random Sampling). Jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak 25 orang dari jumlah populasi petani kacang tanah berjumlah 112 orang. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata produksi kacang tanah petani responden dalam 1 kali panen sebesar 94 kaleng/0.4 ha dengan rata-rata pendapatan bersih Rp. 5.451.360-,/0.4 ha. dan R/C ratio 3.7. Lebih besar dari 1 (Layak). dengan asumsi setiap pengeluaran sebesar Rp 100 akan memperoleh pendapatan sebesar Rp 370.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Fitria
Pengarang Fitria
Edisi Publish
No. Panggil
Subyek f.pertanian
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Universitas Muhammadiyah Palu
Tahun Terbit 2017
Tempat Terbit Indonesia
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :
f.pertanian

Citation

Fitria. (2017). ANALISIS PENDAPATAN DAN KELAYAKAN USAHATANI KACANG TANAH DI DESA BORA KECAMATAN BIROMARU KABUPATEN SIGI. Retrieved from http://repository.unismuhpalu.ac.id/?p=show_detail&id=59&ath=Fitria&yr=2017

 



Info Repository

Selamat datang di Repository Universitas Muhammadiyah Palu. Gunakan kotak penelusuran untuk mencari judul Skripsi, Tesis, dan Disertasi.

Media Sosial / Kanal

Facebook Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official
Youtube Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official
Instagram Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official

Alamat

Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Palu
Jl. Jabal Nur, No 1.
Talise, Mantikulore
Telp: 0451-425627
E-mail: contact@unismuhpalu.ac.id