DAMPAK PERKATAAN ORANG TUA TERHADAP MENTAL ANAK DI DESA TANJUNG PADANG KECAMATAN SIRENJA DALAM TINJAUAN PENDIDIKAN ISLAM

DAMPAK PERKATAAN ORANG TUA TERHADAP MENTAL ANAK DI DESA TANJUNG PADANG KECAMATAN SIRENJA DALAM TINJAUAN PENDIDIKAN ISLAM


Abstrak

Permasalahan yang dibahas dalam Skripsi ini adalah Dampak perkataan orang tua terhadap mental anak di Desa Tanjung Padang kecamatan Sirenja dalam tinjauan pendidikan Islam, yang diformulasikan kedalam dua sub, yaitu: 1. Bagaimana deskripsi perkataan orang tua terhadap mental anak di Desa Tanjung Padang kecamatan Sirenja, dan 2. Bagaimana dampak perkataan orang tua terhadap mental anak di Desa Tanjung Padang kecamatan Sirenja dalam tinjauan pendidikan Islam.
Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah 1. untuk mengetahui deskripsi perkataan orang tua terhadap mental anak di Desa Tanjung Padang kecamatan Sirenja, dan 2. untuk mengetahui dampak perkataan orang tua terhadap mental anak di Desa Tanjung Padang kecamatan Sirenja dalam tinjauan pendidikan Islam.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian skripsi ini adalah metode penelitian deskriptif Kualitatif, Yang terdiri dari: Pendekatan dan Jenis Penelitian Kehadiran Peneliti, Lokasi Penelitian, Sumber Data, Prosedur Pengumpulan Data, Analisis Data, Pengecekan Keabsahan Temuan dan Tahap – tahap penelitian.
Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa: 1. Deskripsi perkataan orang tua terhadap mental anak di Desa Tanjung Padang kecamatan Sirenja adalah: dasar "ana nu asu (anak anjing). ngana leria gunana (Dasar anak tidak berguna). ngana nambongo (anak keras kepala). ngana narenge (Dasar anak cengeng). 2. Dampak perkataan orang tua terhadap mental anak di Desa Tanjung Padang kecamatan Sirenja dalam tinjauan pendidikan Islam adalah: anak akan menjadi minder dan tidak memiliki percaya diri. menjadikan anak menjadi keras kepala dan ragu untuk melakukan sesuatu karena merasa setiap perilakunya tidak berguna. menjadikan anak susah diperintah. dan terkadang anak yang sering dijuluki seperti itu akan membantah orang tuanya. anak tidak punya kemandirian. disamping itu, anak menjadi pemalu dan penakut karena didikan orang tua yang salah. Salah satu contoh kebaikan mendidik anak adalah memerintahkan mereka mengerjakan salat. Salat sangat penting dilakukan anak, karena kegiatan ini merupakan salah satu rukun dari rukun Islam.
Islam mengajarkan untuk memberikan bimbingan, arahan, dan pengawasan kepada anak. Dalam hal ini, dibutuhkan adanya kerja sama dalam bentuk kesepakatan antar ibu dan ayah agar kelak tidak membingungkan anak dalam menerima pendidikan tersebut.

Kata Kunci : dampak, perkataan, mental anak


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Asmiati
Pengarang Asmiati
Edisi Publish
No. Panggil
Subyek
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Universitas Muhammadiyah Palu
Tahun Terbit 2017
Tempat Terbit Indonesia
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :

Citation

Asmiati. (2017). DAMPAK PERKATAAN ORANG TUA TERHADAP MENTAL ANAK DI DESA TANJUNG PADANG KECAMATAN SIRENJA DALAM TINJAUAN PENDIDIKAN ISLAM. Retrieved from http://repository.unismuhpalu.ac.id/?p=show_detail&id=47&ath=Asmiati&yr=2017

 



Info Repository

Selamat datang di Repository Universitas Muhammadiyah Palu. Gunakan kotak penelusuran untuk mencari judul Skripsi, Tesis, dan Disertasi.

Media Sosial / Kanal

Facebook Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official
Youtube Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official
Instagram Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official

Alamat

Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Palu
Jl. Jabal Nur, No 1.
Talise, Mantikulore
Telp: 0451-425627
E-mail: contact@unismuhpalu.ac.id