UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR ANAK MELALUI METODE SENTRA DI PAUD QURRATA A’YUN HIDAYATULLAH PALU DALAM TINJAUAN PENDIDIKAN ISLAM

UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR ANAK MELALUI METODE SENTRA DI PAUD QURRATA A’YUN HIDAYATULLAH PALU DALAM TINJAUAN PENDIDIKAN ISLAM


Abstrak

Dalam Skripsi ini yang dibahas adalah upaya peningkatan minat belajar anak melalui metode sentra di PAUD Qurrata A’yun Hidayatullah Palu dalam tinjauan pendidikan Islam, yang diformulasikan kedalam dua sub, yaitu: 1. Bagaimana deskripsi upaya peningkatan minat belajar anak melalui metode sentra di PAUD Qurrata A’yun Hidayatullah Palu, dan 2. Bagaimana implementasi upaya peningkatan minat belajar anak melalui metode sentra di PAUD Qurrata A’yun Hidayatullah Palu dalam tinjauan pendidikan Islam.
Tujuan penelitian skripsi ini adalah 1. untuk mengetahui deskripsi upaya peningkatan minat belajar anak melalui metode sentra di PAUD Qurrata A’yun Hidayatullah Palu, dan 2. untuk mengetahui implementasi upaya peningkatan minat belajar anak melalui metode sentra di PAUD Qurrata A’yun Hidayatullah Palu dalam tinjauan pendidikan Islam.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian skripsi ini adalah metode penelitian deskriptif Kualitatif, Yang terdiri dari: Pendekatan dan Jenis Penelitian, Kehadiran Peneliti, Lokasi Penelitian, Sumber Data, Prosedur Pengumpulan Data, Analisis Data, Pengecekan Keabsahan Temuan dan tahap – tahap penelitian.
Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa: 1. Deskripsi upaya peningkatan minat belajar anak melalui metode sentra di PAUD Qurrata A’yun Hidayatullah Palu adalah a. Dengan metode sentra anak didik meningkat minat belajarnya, b. Dengan metode sentra motorik halus anak didik dapat ditingkatkan, c. Dengan metode sentra anak didik terbiasa berkreasi sesuai dengan minat dan bakat masing-masing, dan d. Dengan metode sentra guru mudah memahami karakter anak didik, dan 2. Implikasi upaya peningkatan minat belajar anak melalui metode sentra di PAUD Qurrata A’yun Hidayatullah Palu adalah Anak didik rajin belajar. karena proses pembelajarannya dilakukan didalam lingkaran bermain. pada saat itu guru dan anak didik merasa santai tapi serius, sehingga anak didik meningkat minatnya untuk belajar. Setiap masuk megajar baik dalam kelas maupun diluar kelas, guru duduk bersama anak didik dengan posisi melingkar untuk memberikan ilmu kepada anak didik. Dengan metode sentra anak didik rajin belajar dan dapat membangun kecerdasannya secara bersamaan. Metode ini sangat tepat dilakukan sambil bermain untuk meningkatkan motorik anak. Metode sentra ini disediakan agar anak-anak bisa bermain sambil belajar. Sehingga dengan metode ini, anak-anak meningkat nilainya.
Kata Kunci : UPAYA, MINAT BELAJAR, METODE SENTRA


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Hasnani
Pengarang Hasnani
Edisi Publish
No. Panggil
Subyek
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Universitas Muhammadiyah Palu
Tahun Terbit 2017
Tempat Terbit Indonesia
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :

Citation

Hasnani. (2017). UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR ANAK MELALUI METODE SENTRA DI PAUD QURRATA A’YUN HIDAYATULLAH PALU DALAM TINJAUAN PENDIDIKAN ISLAM. Retrieved from http://repository.unismuhpalu.ac.id/?p=show_detail&id=44&ath=Hasnani&yr=2017

 



Info Repository

Selamat datang di Repository Universitas Muhammadiyah Palu. Gunakan kotak penelusuran untuk mencari judul Skripsi, Tesis, dan Disertasi.

Media Sosial / Kanal

Facebook Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official
Youtube Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official
Instagram Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official

Alamat

Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Palu
Jl. Jabal Nur, No 1.
Talise, Mantikulore
Telp: 0451-425627
E-mail: contact@unismuhpalu.ac.id