UPAYA PEMBINAAN MUALLAF DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN AGAMA DI PESANTREN DHU’AFA KECAMATAN MANTIKULORE PALU

UPAYA PEMBINAAN MUALLAF DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN AGAMA DI PESANTREN DHU’AFA KECAMATAN MANTIKULORE PALU


Abstrak

Skripsi ini menelaah tentang pemahaman agama para muallaf setelah dilakukan pembinaan melalui pola pendekatan serta metode-metode tertentu yang diupayakan oleh Pesantren Dhu’afa Kecamatan mantikulore Palu, sebagai pesantren yang menaruh perhatian besar terhadap perkembangan kehidupan Muallaf dalam kerangka pemahaman mereka terhadap agama yang dalam hal ini adalah agama islam dalam bentuk aqidah, syariat dan ibadah-ibadah lainnya.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tehknik penyimpulan data dilapangan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai alat pengumpul data dan selanjutnya dilakukan Analisa deskriptif. Selanjutnya dapat dijelaskan bahwa penelitian kualitatif merupakan penelitian yang digunakan penulis dalam mendiskripsikan data, baik dalam bentuktulisan yang bersumber dari orang lain dan perilaku yang diamati. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya pembinaan muallaf di pesantren dhu’afa dan sebagai mana implikasi dari pembinaan terhadap penigkatan pemahaman agama muallaf
Dari hasil penelitian penulis, bahwa upaya pembinaan muallaf yang dilakukan di pesantren dhu’afa dengan metode-metode dan materi-materi yang disampaikan memberikan hasil yang positif dengan menigkatnya pemahaman agama para muallaf antara lain sudah lancer mengaji Al-Qur’an, melaksanakan Sholat dengan benar dan melakukan puasa. Hal ini dapat dilihat penjelasannya pada bab empat dan kemudian disimpulkan dalam bab lima.
Selanjutnya, dari hasil penilitian penulis di pesantren dhu’afa Kecamatan mantikulore Palu, penulis menemukan fakta sebagai sebuah kesimpulan, bahawa upaya pembinaan muallaf dalam meningkatkan pemahamaman agama yang diterapkan berimplikasi positif bagi para muallaf dengan menigkatkanya pemahaman mereka terhadap agama islam.
Akhirnya, penulis ingin memberikan konstribusi pemikiran dalam bentuk saran-saran antara lain, agar jadwal pembinaan disesuaikan sedemikian rupa dalam artian tidak hanya hari sabtu saja dengan konsekwensi pembimbing menjadikan waktu lebih banyak lagi. Dan buku-buku tentang pengetahuan keislaman lebih diperbanyak untuk menambah wawasan keislaman para muallaf.
Kata Kunci : Upaya Pembinaan, Muallaf, dan Peningkatan Pemahaman Agama


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Marlina Sumendap
Pengarang Marlina Sumendap
Edisi Publish
No. Panggil
Subyek
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Universitas Muhammadiyah Palu
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit Indonesia
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :

Citation

Marlina Sumendap. (2018). UPAYA PEMBINAAN MUALLAF DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN AGAMA DI PESANTREN DHU’AFA KECAMATAN MANTIKULORE PALU. Retrieved from http://repository.unismuhpalu.ac.id/?p=show_detail&id=43&ath=Marlina%20Sumendap&yr=2018

 



Info Repository

Selamat datang di Repository Universitas Muhammadiyah Palu. Gunakan kotak penelusuran untuk mencari judul Skripsi, Tesis, dan Disertasi.

Media Sosial / Kanal

Facebook Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official
Youtube Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official
Instagram Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official

Alamat

Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Palu
Jl. Jabal Nur, No 1.
Talise, Mantikulore
Telp: 0451-425627
E-mail: contact@unismuhpalu.ac.id