PERILAKU BERAGAMA MASYARAKAT (KOLONTIA) DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM DI KELURAHAN BONEOGE KECAMATAN BANAWA KABUPATEN DONGGALA

PERILAKU BERAGAMA MASYARAKAT (KOLONTIA) DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM DI KELURAHAN BONEOGE KECAMATAN BANAWA KABUPATEN DONGGALA


Abstrak

Pokok permasalah skripsi ini adalah bagaimana “Perilaku Beragama Masyarakat (Kolontia) dalam Perspektif Pendidikan Islam di Kelurahan Boneoge Kecamatan Banawa Kabupaten Donggala”. Adapun rumusan masalah penelitian ini: Bagaimanakah deskripsi keberagaman masyarakat (Kolontia) dan membakar dupa di Kelurahan Boneoge Kecamatan Banawa Kabupaten Donggala? dan Bagaimanakah implikasi perilaku masyarakat terhadap keberagaman dalam tinjauan pendidikan Islam?
Tujuan penelitian skripsi ini adalah: pertama untuk mengetahui deskripsi keberagaman masyarakat (Kolontia) dan membakar dupa di Kelurahan Boneoge Kecamatan Banawa Kabupaten Donggala dan untuk mengetahui implikasi perilaku masyarakat terhadap keberagaman dalam tinjauan pendidikan Islam. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam skripsi ini adalah pendekatan kualitatif.
Hasil penelitian yang dilakukan menggambarkan bahwa: Keberagaman masyarakat (Kolontia) dan membakar dupa di Kelurahan Boneoge Kecamatan Banawa Kabupaten Donggala secara umum memiliki karakteristik yang dilaksanakan sudah sejak lama. Mereka menggunakan tradisi kolontia sebagai salah satu upaya untuk penyembuhan jika terdapat anggota keluarga yang mengalami keteguran ganngguan kesehatan. Tradisi ini disertai dengan pembakaran dupa sebagai sarana agar keinginan dapat dikabulkan dan dalam pembakaran dupa tersebut dilengkapi dengan berbagai macam jenis makanan yang digunakan sebagai sesajen.
Implikasi perilaku masyarakat terhadap keberagaman dalam tinjauan pendidikan Islam sebenarnya masih memiliki kemampuan dalam memahami dan menghayati ajaran agamanya dengan pengetahuan, ilmu, dan pengamalannya, karena sifat rasionalnya masih ada terhadap perilaku yang tidak sesuai dengan ajaran Islam namun karena ajaran nenek moyang sudah terlanjur mengakar maka sifat rasional kalah terhadap sifat tradisonalnya. Walaupun tradisi yang mereka lakukan merupakan perbuatan yang dilarang oleh agama karena masuk ke dalam kategori bid’ah.

Kata Kunci : Perilaku Beragama, Masyarakat, Pendidikan Islam


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Astri
Pengarang Astri
Edisi Publish
No. Panggil
Subyek
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Universitas Muhammadiyah Palu
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit Indonesia
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :

Citation

Astri. (2018). PERILAKU BERAGAMA MASYARAKAT (KOLONTIA) DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM DI KELURAHAN BONEOGE KECAMATAN BANAWA KABUPATEN DONGGALA. Retrieved from http://repository.unismuhpalu.ac.id/?p=show_detail&id=41&ath=Astri&yr=2018

 



Info Repository

Selamat datang di Repository Universitas Muhammadiyah Palu. Gunakan kotak penelusuran untuk mencari judul Skripsi, Tesis, dan Disertasi.

Media Sosial / Kanal

Facebook Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official
Youtube Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official
Instagram Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official

Alamat

Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Palu
Jl. Jabal Nur, No 1.
Talise, Mantikulore
Telp: 0451-425627
E-mail: contact@unismuhpalu.ac.id