PERAN OSIS DALAM PEMBINAAN AKHLAQUL KARIMAH SISWA SMP NEGERI 2 BUNGKU TENGAH

PERAN OSIS DALAM PEMBINAAN AKHLAQUL KARIMAH SISWA SMP NEGERI 2 BUNGKU TENGAH


Abstrak

Permasalahan yang diangkat dalam Skripsi ini diformulasi kedalam dua sub masalah yakni: (1) Bagaimana deskripsi peran OSIS dalam pembinaan Akhlaqul karimah siswa SMP Negeri 2 Bungku Tengah. (2) Bagaimana dampak peran OSIS dalam pembinaan Akhlaqul karimah siswa SMP Negeri 2 Bungku Tengah.
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui deskripsi peran OSIS dalam pembinaan Akhlaqul karimah siswa SMP Negeri 2 Bungku Tengah. (2) untuk mengetahui dampak peran OSIS dalam pembinaan Akhlaqul karimah siswa SMP Negeri 2 Bungku Tengah.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian skripsi ini adalah metode penelitian deskriptif Kualitatif, Yang terdiri dari: Jenis Penelitian, Observasi, Dokumentasi, Pedoman wawancara, Pendekatan Penelitian, Jadwal Penelitian, Lokasi Penelitian, Kehadiran Peneliti, Sumber Data, Teknik Pengumpulan Data, Teknik Analisis Data, dan Pengecekan Keabsahan Data.
Hasil penelitian penulis menunjukan bahwa: (1) Deskripsi peran OSIS dalam pembinaan Akhlaqul karimah siswa SMP Negeri 2 Bungku Tengah adalah: Peserta didik dilatih berorganisasi dengan baik, Pengurus OSIS bekerjasama dengan dewan guru mengadakan Pesantren kilat setiap selesai semester, Pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah mengadakan lomba pidato dan lomba kultum setiap Bulan suci Ramdhan, Pengurus OSIS menanamkan sifat rendah hati kepada Peserta didik, kepada tenaga pendidik dan kependidikan, Pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah membiasakan diri memberi salam jika bertemu dengan guru dan sesama peserta didik, Pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah tidak dibolehkan memandang enteng teman apalgi guru, Mewajibkan pengurus OSIS permisi atau “Tabe” jika lewat didepan orang banyak dan Pengurus OSIS membiasakan diri dan mengajak peserta didik lainnya untuk sholat berjamaah di Mesjid sebelum pulang ke rumah. (2) Dampak peran OSIS dalam pembinaan Akhlaqul karimah siswa SMP Negeri 2 Bungku Tengah adalah: Peserta didik terlatih berorganisasi dengan akhlak yang baik, Pesantren kilat terlaksana setiap selesai semester. Dengan pesantren kilat akhlaqul karimah siswa SMP Negeri 2 Bungku Tengah terbina, Lomba pidato dan lomba kultum terlaksana setiap Bulan suci Ramdhan. Dengan hal tersebut, peserta didik terlatih tampil di depan umum, Tertanam sifat rendah hati pada Peserta didik, Pengurus OSIS dan peserta didik terbiasa memberi salam jika bertemu dengan guru dan sesama peserta didik, Terjalin rasa saling menghargai antar satu dengan lainnya, Pengurus OSIS dan peserta didik sudah terbiasa permisi.

Kata Kunci : PERAN, OSIS, AKHLAQUL KARIMAH


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Sudarmin Marto Suparno
Pengarang Sudarmin Marto Suparno
Edisi Publish
No. Panggil
Subyek
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Universitas Muhammadiyah Palu
Tahun Terbit 2016
Tempat Terbit Indonesia
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :

Citation

Sudarmin Marto Suparno. (2016). PERAN OSIS DALAM PEMBINAAN AKHLAQUL KARIMAH SISWA SMP NEGERI 2 BUNGKU TENGAH. Retrieved from http://repository.unismuhpalu.ac.id/?p=show_detail&id=40&ath=Sudarmin%20Marto%20Suparno&yr=2016

 



Info Repository

Selamat datang di Repository Universitas Muhammadiyah Palu. Gunakan kotak penelusuran untuk mencari judul Skripsi, Tesis, dan Disertasi.

Media Sosial / Kanal

Facebook Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official
Youtube Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official
Instagram Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official

Alamat

Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Palu
Jl. Jabal Nur, No 1.
Talise, Mantikulore
Telp: 0451-425627
E-mail: contact@unismuhpalu.ac.id