KEMAMPUAN KOMUNIKASI GURU PAI TERHADAP KELANCARAN PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SDN KUALA BUGIS

KEMAMPUAN KOMUNIKASI GURU PAI TERHADAP KELANCARAN PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SDN KUALA BUGIS


Abstrak

Pokok masalah yang dibahas adalah bagaimana “kemampuan komunikasi guru PAI terhadap kelancaran proses belajar mengajar di SDN Kuala Bugis”. Adapun rumusan masalah yakni: Bagaimanakah kemampuan komunikasi guru PAI dalam proses belajar mengajar di SDN Kuala Bugis? dan Bagaimanakah implikasi kemampuan komunikasi guru PAI dalam meningkatkan kelancaran proses belajar mengajar di SDN Kuala Bugis?
Tujuan penelitian skripsi ini adalah: pertama untuk mengetahui kemampuan komunikasi guru PAI dalam proses belajar mengajar di SDN Kuala Bugis dan untuk mengetahui implikasi kemampuan komunikasi guru PAI dalam meningkatkan kelancaran proses belajar mengajar di SDN Kuala Bugis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan analisis yang digunakan adalah analisis induktif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian yang dilakukan menggambarkan bahwa: Bahwa kemampuan komunikasi guru dalam proses pembelajaran di SDN Kuala Bugis dilaksanakan dengan baik. Pembelajaran dilakukan dengan melihat kondisi siswa, sehingga guru menyesuaikannya dengan cara belajar diskusi dan kerja kelompok, selain itu guru mengelola interaksinya dengan cara komunikasi terhadap siswa tidak hanya searah yakni dari guru ke siswa atau dua arah dari guru ke siswa dan sebaliknya, melainkan diupayakan adanya interaksi multi arah yaitu dari guru ke siswa dan dari siswa ke siswa dari siswa ke guru. Selain itu guru PAI mampu mempertahankan tingkah laku siswa yang baik, hal ini dilakukan guru agar siswa yang telah berperilaku baik tidak terpengaruh dengan siswa yang mengganggu, sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan baik sesuai tujuan yang diharapkan. Bahwa implikasi komunikasi guru PAI dalam proses pembelajaran di SDN Kuala Bugis terlihat dari penerapan metode mengajar guru PAI yang tepat dan sesuai dengan materi pelajaran. Guru di SDN Kuala Bugis menerapkan bentuk-bentuk komunikasi dalam pembelajaran seperti komunikasi verbal, komunikasi non verbal, mendengarkan dengan baik, memberikan respon dengan baik.

Kata Kunci : KEMAMPUAN, KOMUNIKASI, BELAJAR MENGAJAR


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Wulandari
Pengarang Wulandari
Edisi Publish
No. Panggil
Subyek
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Universitas Muhammadiyah Palu
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit Indonesia
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :

Citation

Wulandari. (2018). KEMAMPUAN KOMUNIKASI GURU PAI TERHADAP KELANCARAN PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SDN KUALA BUGIS. Retrieved from http://repository.unismuhpalu.ac.id/?p=show_detail&id=38&ath=Wulandari&yr=2018

 



Info Repository

Selamat datang di Repository Universitas Muhammadiyah Palu. Gunakan kotak penelusuran untuk mencari judul Skripsi, Tesis, dan Disertasi.

Media Sosial / Kanal

Facebook Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official
Youtube Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official
Instagram Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official

Alamat

Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Palu
Jl. Jabal Nur, No 1.
Talise, Mantikulore
Telp: 0451-425627
E-mail: contact@unismuhpalu.ac.id