ETIKA HUBUNGAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI SATAP 4 RIO PAKAVA LALUNDU KABUPATEN DONGGALA

ETIKA HUBUNGAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI SATAP 4 RIO PAKAVA LALUNDU KABUPATEN DONGGALA


Abstrak

Isi Skripsi ini diformulasi kedalam dua sub masalah yakni: (1) Bagaimana etika hubungan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan peserta didik dalam pembelajaran di SMP Negeri Satap 4 Rio Pakava Lalundu Kabupaten Donggala, (2) Bagaimana implikasi etika hubungan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan peserta didik dalam pembelajaran di SMP Negeri Satap 4 Rio Pakava Lalundu Kabupaten Donggala.
Tujuan penelitian skripsi ini adalah: (1) untuk mengetahui etika hubungan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan peserta didik dalam pembelajaran di SMP Negeri Satap 4 Rio Pakava Lalundu Kabupaten Donggala. (2) untuk mengetahui implikasi etika hubungan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan peserta didik dalam pembelajaran di SMP Negeri Satap 4 Rio Pakava Lalundu Kabupaten Donggala.
Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian skripsi ini adalah metode pendekatan deskripsi kualitatif, yang terdiri dari: Pendekatan dan Jenis Penelitian Kehadiran Peneliti, Lokasi Penelitian, Sumber Data, Prosedur Pengumpulan Data (yang terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi), Analisis Data, Pengecekan Keabsahan Temuan dan Tahap – tahap penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. etika hubungan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan peserta didik dalam pembelajaran di SMP Negeri Satap 4 Rio Pakava Lalundu Kabupaten Donggala adalah a. etika kurang baik, b. Terkadang guru dianggap remeh, c. Terkadang peserta didik bolos pada waktu Sekolah, dan Peserta didik terkadang jenuh saat belajar, 2. Implikasi etika hubungan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan peserta didik dalam pembelajaran di SMP Negeri Satap 4 Rio Pakava Lalundu Kabupaten Donggala adalah a. Menjadikan peserta didik kurang berakhlak, b. Peserta didik mendapatkan nilai yang kurang memuaskan, c. Menjadikan peserta didik mengabaikan peraturan Sekolah, dan Menjadikan peserta didik acu tak acu. Perlu guru dan orang tua siswa memiliki peran yang sangat besar dalam tingkat etika hubungan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan peserta didik dalam pembelajaran di SMP Negeri Satap 4 Rio Pakava Lalundu Kabupaten Donggala. Hal yang terpenting tatakrama dan etika kehidupan sosial sekolah hendaknya bersumber pada: nilai-nilai agama (akhlak mulia), nilai sosial budaya setempat (seperti adat istiadat setempat yang dihormati).

Kata Kunci : ETIKA, GURU PAI, PESERTA DIDIK


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Rostin
Pengarang R O S T I N
Edisi Publish
No. Panggil
Subyek
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Universitas Muhammadiyah Palu
Tahun Terbit 2017
Tempat Terbit Indonesia
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :

Citation

Rostin. (2017). ETIKA HUBUNGAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI SATAP 4 RIO PAKAVA LALUNDU KABUPATEN DONGGALA. Retrieved from http://repository.unismuhpalu.ac.id/?p=show_detail&id=35&ath=Rostin&yr=2017

 



Info Repository

Selamat datang di Repository Universitas Muhammadiyah Palu. Gunakan kotak penelusuran untuk mencari judul Skripsi, Tesis, dan Disertasi.

Media Sosial / Kanal

Facebook Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official
Youtube Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official
Instagram Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official

Alamat

Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Palu
Jl. Jabal Nur, No 1.
Talise, Mantikulore
Telp: 0451-425627
E-mail: contact@unismuhpalu.ac.id