PERAN KOMPETENSI SOSIAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 1 BANAWA

PERAN KOMPETENSI SOSIAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 1 BANAWA


Abstrak

Pembahasan utama dalam skripsi ini adalah bagaimana “Peran Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Efektifitas Pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Banawa”, yang diurai ke dalam rumusan masalah yakni: Bagaimana penerapan kompetensi guru Pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Banawa? dan Bagaimana peran implementasi kompetensi guru Pendidikan agama Islam terhadap efektifitas pembelajaran guru PAI di SMP Negeri 1 Banawa?
Tujuan penelitian skripsi ini adalah: pertama untuk mengetahui penerapan kompetensi guru Pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Banawa dan untuk mengetahui peran implementasi kompetensi guru Pendidikan agama Islam terhadap efektifitas pembelajaran guru PAI di SMP Negeri 1 Banawa. Adapun metode penelitian yang digunakan yakni metode deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan wawancara.
Hasil penelitian yang dilakukan menggambarkan bahwa: (1) Penerapan kompetensi guru pendidikan agama Islam di SMPN 1 Banawa telah dilaksanakan meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional dalam melaksanakan tugas dan profesinya dalam pembelajaran. Penerapan kompetensi pedagogik oleh guru terlaksana dalam bentuk pemahaman terhadap profil anak didiknya serta melakukan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dalam pembelajaran. Penerapan kompetensi kepribadian oleh guru PAI di terlaksana dalam bentuk perilaku yang menggambarkan manusia yang berilmu, berakhlak mulia, dan bertanggung jawab. Penerapan kompetensi sosial oleh guru PAI telah mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan kerjanya sehingga guru dapat melakukan pembelajaran dengan baik. Penerapan kompetensi profesional oleh guru PAI terlihat dari kemampuan guru, menguasai bahan, mengelola kelas, menggunakan media/sumber terhadap siswa. (2) Dampak implementasi kompetensi guru pendidikan Agama Islam terhadap efektifitas pembelajaran guru PAI di SMP Negeri 1 Banawa adalah siswa menjadi lebih tekun dan giat belajar dan memiliki sikap disiplin serta dapat menggunakan waktunya untuk mengisi dengan hal-hal yang bermanfaat dan lebih mudah memahami materi yang disampaikan oleh gurunya

Kata Kunci : Kompetensi Guru, Pendidikan Agama Islam, Efektifitas Pembelajaran


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab HAFSARI
Pengarang HAFSARI
Edisi Publish
No. Panggil
Subyek
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Universitas Muhammadiyah Palu
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit Indonesia
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :

Citation

HAFSARI. (2018). PERAN KOMPETENSI SOSIAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 1 BANAWA. Retrieved from http://repository.unismuhpalu.ac.id/?p=show_detail&id=29&ath=HAFSARI&yr=2018

 



Info Repository

Selamat datang di Repository Universitas Muhammadiyah Palu. Gunakan kotak penelusuran untuk mencari judul Skripsi, Tesis, dan Disertasi.

Media Sosial / Kanal

Facebook Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official
Youtube Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official
Instagram Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official

Alamat

Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Palu
Jl. Jabal Nur, No 1.
Talise, Mantikulore
Telp: 0451-425627
E-mail: contact@unismuhpalu.ac.id