PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PERMAINAN PLASTISIN DI TAMAN KANAK-KANAK ALKHAIRAAT LIMBORO

PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PERMAINAN PLASTISIN DI TAMAN KANAK-KANAK ALKHAIRAAT LIMBORO


Abstrak

Skripsi ini membahas peningkatan kreativitas anak melalui permainan plastisin di TK Alkhairaat Limboro, dengan pokok bahasan bagaimana peningkatan kreativitas anak melalui permainan plastisin di TK Alkhairaat Limboro, serta bagaimana implikasi peningkatan kreativitas anak melalui permainan plastisin di TK Alkhairaat Limboro.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan kreativitas anak melalui permainan plastisin di TK Alkhairaat Limboro, serta untuk mengetahui implikasi peningkatan kreativitas anak melalui permainan plastisin di TK Alkhairaat Limboro.
Pendekatan yang digunakan dalam skripsi ini adalah pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi deskriptif. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian diolah secara reduksi, penyajian data dan verifikasi data. Supaya data yang telah dianalisis tersebut terjaga validitasnya maka diadakan pengecekan keabsahan data.
Hasil dari penelitian ini adalah 1). peningkatan kreativitas anak melalui permainan plastisin di TK Alkhairaat Limboro yaitu Permainan plastisin merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kreativitas anak karena dalam bermain plastisin anak dapat membangun, menyusun ataupun membentuk macam-macam bentuk sesuai dengan kreativitas anak. dengan demikian anak mampu berkreasi bebas sesuai yang mereka inginkan. Dan permainan ini merupakan aktivitas yang mudah dan menyenangkan. sehingga memberikan kesenangan dan kepuasan pada anak-anak. Dalam upaya peningkatan kreativitas anak melalui permainan plastisin, penulis memberikan kebebasan kepada anak didik untuk berkreasi lagi membentuk plastisin sesuai keinginan anak didik. 2). implikasi peningkatan kreativitas anak melalui permainan plastisin di TK Alkhairaat Limboro yaitu Dengan adanya permainan plastisin akan menumbuhkan rasa kreativitas yang tinggi terhadap anak didik sejak dini dan juga memberi timbal balik yang baik kepada guru untuk menciptahan hal yang baru kepada anak didiknya. Permainan plastisin dapat melatih daya pikir anak. Anak dapat mengeksplorasi dan mencari informasi tentang segala sesuatu yang belum mereka ketahui. Permainan plastisin ini membuat anak suka berkreasi sehingga dapat mengembangkan kreativitasnya. Anak dilatih untuk menggunakan imajinasi untuk membuat atau menciptakan suatu bangunan atau benda sesuai dengan khayalannya. Permainan plastisin dapat meningkatkan kreativitas anak usia dini. Hal tersebut dapat dibuktikan ketika bermain plastisin,

KATA KUNCI : KREATIVITAS ANAK, PERMAINAN PLASTISIN


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab ENDANG PURWANTI
Pengarang ENDANG PURWANTI
Edisi Publish
No. Panggil
Subyek
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Universitas Muhammadiyah Palu
Tahun Terbit 2017
Tempat Terbit
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :

Citation

ENDANG PURWANTI. (2017). PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PERMAINAN PLASTISIN DI TAMAN KANAK-KANAK ALKHAIRAAT LIMBORO. Retrieved from http://repository.unismuhpalu.ac.id/?p=show_detail&id=28&ath=ENDANG%20PURWANTI&yr=2017

 



Info Repository

Selamat datang di Repository Universitas Muhammadiyah Palu. Gunakan kotak penelusuran untuk mencari judul Skripsi, Tesis, dan Disertasi.

Media Sosial / Kanal

Facebook Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official
Youtube Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official
Instagram Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official

Alamat

Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Palu
Jl. Jabal Nur, No 1.
Talise, Mantikulore
Telp: 0451-425627
E-mail: contact@unismuhpalu.ac.id