PENERAPAN METODE MENJIPLAK UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN FISIK MOTORIK HALUS ANAK PADA KELOMPOK B DI TK TUNAS BANGSA DESA LEMBASADA

PENERAPAN METODE MENJIPLAK UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN FISIK MOTORIK HALUS ANAK PADA KELOMPOK B DI TK TUNAS BANGSA DESA LEMBASADA


Abstrak

Skripsi ini membahas penerapan metode menjiplak untuk meningkatkan perkembangan fisik motorik halus anak pada Kelompok B di TK Tunas Bangsa Desa Lembasada, dengan pokok bahasan bagaimana penerapan metode menjiplak untuk meningkatkan perkembangan fisik motorik halus anak pada Kelompok B di TK Tunas Bangsa Desa Lembasada, serta bagaimana implikasi penerapan metode menjiplak untuk meningkatkan perkembangan fisik motorik halus anak pada Kelompok B di TK Tunas Bangsa Desa Lembasada.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan metode menjiplak untuk meningkatkan perkembangan fisik motorik halus anak pada Kelompok B di TK Tunas Bangsa Desa Lembasada, serta untuk mengetahui implikasi penerapan metode menjiplak untuk meningkatkan perkembangan fisik motorik halus anak pada Kelompok B di TK Tunas Bangsa Desa Lembasada.
Pendekatan yang digunakan dalam skripsi ini adalah pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi deskriptif. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian diolah secara reduksi, penyajian data dan verifikasi data. Supaya data yang telah dianalisis tersebut terjaga validitasnya maka diadakan pengecekan keabsahan data.
Hasil dari penelitian ini adalah 1). Penerapan metode menjiplak untuk meningkatkan perkembangan fisik motorik halus anak pada Kelompok B di TK Tunas Bangsa Desa Lembasada dalam Tinjauan Pendidikan Agama Islam yaitu dalam kegiatan pembelajaran dengan metode menjiplak di Kelompok B TK Tunas Bangsa Desa Lembasada, anak diajarkan memegang pensil dengan benar dan mandiri, sehingga dapat mengkoordinasikan mata dan tangan saat memegang pensil untuk menjiplak. Selain meningkatkan motorik halus anak, penerapan metode menjiplak juga dapat mengenalkan anak didik cara penulisan beberapa huruf seperti huruf a, b, c, sampai z. Metode menjiplak sangat cocok diterapkan dalam proses pembelajaran guna untuk mengembangkan fisik motorik halus anak karena pada saat proses menjiplak memerlukan kemampuan motorik halus yaitu koordinasi mata dan tangan dalam memegang peralatan tulis serta meniru sesuai dengan yang ditiru. motorik halus anak. 2). Implikasi penerapan metode menjiplak untuk meningkatkan perkembangan fisik motorik halus anak pada Kelompok B di TK Tunas Bangsa Desa Lembasada, yaitu: a).penerapan metode menjiplak mampu mengasah kemampuan kognitif anak. b). penerapan metode menjiplak sebagai sarana menyiapkan anak untuk dapat membaca. c). penerapan metode menjiplak dapat melatih ketelitian anak. Setelah metode menjiplak diterapkan, motorik halus pada anak mengalami perubahan positif.
KATA KUNCI : METODE MENJIPLAK, FISIK MOTORIK HALUS ANAK


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab AYU WANDIRA
Pengarang AYU WANDIRA
Edisi Publish
No. Panggil
Subyek
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Universitas Muhammadiyah Palu
Tahun Terbit 2017
Tempat Terbit
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :

Citation

AYU WANDIRA. (2017). PENERAPAN METODE MENJIPLAK UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN FISIK MOTORIK HALUS ANAK PADA KELOMPOK B DI TK TUNAS BANGSA DESA LEMBASADA. Retrieved from http://repository.unismuhpalu.ac.id/?p=show_detail&id=27&ath=AYU%20WANDIRA&yr=2017

 



Info Repository

Selamat datang di Repository Universitas Muhammadiyah Palu. Gunakan kotak penelusuran untuk mencari judul Skripsi, Tesis, dan Disertasi.

Media Sosial / Kanal

Facebook Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official
Youtube Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official
Instagram Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official

Alamat

Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Palu
Jl. Jabal Nur, No 1.
Talise, Mantikulore
Telp: 0451-425627
E-mail: contact@unismuhpalu.ac.id