DAMPAK PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR BERBASIS MULTIMEDIA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PALU

DAMPAK PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR BERBASIS MULTIMEDIA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PALU


Abstrak

Skripsi ini membahas tentang dampak pemanfaatan sumber belajar berbasis multimedia dalam meningkatkan hasil belajar pendidikan agama islam dengan sub masalah Bagaimana dampak pemanfaatan sumber belajar berbasis multimedia dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah 1 Palu, dan Bagaimana Implikasi pemanfaatan sumber belajar berbasis Multimedia dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah 1 Palu.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak pemanfaatan sumber belajar berbasis multimedia dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah 1 Palu dan untuk mengetahui Implikasi pemanfaatan sumber belajar berbasis Multimedia dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah 1 Palu.
Metode penelitian ini adalah metode kualitatif yang digunakan sebagai pendekatan penelitian ini yang mana berorientasi pada fenomena atau gejala yang bersifat alami dan dilakukan untuk menghasilkan data yang objektif dengan kejadian-kejadian yang terjadi dilokasi penelitian serta tidak memerlukan hipotesis yang sifatnya menduga-duga. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, teknik analisis data dan reduksi data, serta penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan dampak pemanfaatan sumber belajar berbasis multimedia dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan hasil belajar di SMK Muhammadiyah 1 Palu sangat baik terhadap hasil nilai akademik pembelajaran peserta didik. Hasil belajar peserta didik pada ulangan harian pertama dan kedua mengalami peningkatan dan juga peserta didik lebih termotivasi untuk belajar dan perhatian mereka terhadap pelajaran juga lebih baik Pemanfaatan melalui Multimedia dalam proses pembelajaran menjadi multiarah, yakni adanya keterlibatan antara peserta didik dengan guru. Multimedia dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dapat dijadikan sumber belajar siswa untuk meningkatkan pemahaman, adanya perhatian dalam pembelajaran dan, tidak lekas jenuh dan bosan. Sarana yang mendukung proses pembelajaran pendidikan agama islam di SMK Muhammadiyah 1 Palu yaitu Laptop, komputer, infokus. Dari pembelajaran melalui media ini dalam penyajian pembelajaran dan diskusi berjalan dengan baik. Pendidik bisa membuat pembelajaran penuh komunikatif, waktu berjalan dengan baik, sistematika pembelajaran pun terukur rapih dan pendidik menyampaikan dengan penuh percaya diri. Semakin banyak media yang digunakan maka pembelajaran akan semakin bagus hasilnya.
Kata Kunci : Sumber Belajar,Multimedia,Hasil Belajar,Pendidikan agama


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Wulan Ummul Karimah
Pengarang Wulan Ummul Karimah
Edisi Publish
No. Panggil
Subyek
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Universitas Muhammadiyah Palu
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit Indonesia
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :

Citation

Wulan Ummul Karimah. (2018). DAMPAK PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR BERBASIS MULTIMEDIA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PALU. Retrieved from http://repository.unismuhpalu.ac.id/?p=show_detail&id=23&ath=Wulan%20Ummul%20Karimah&yr=2018

 



Info Repository

Selamat datang di Repository Universitas Muhammadiyah Palu. Gunakan kotak penelusuran untuk mencari judul Skripsi, Tesis, dan Disertasi.

Media Sosial / Kanal

Facebook Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official
Youtube Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official
Instagram Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official

Alamat

Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Palu
Jl. Jabal Nur, No 1.
Talise, Mantikulore
Telp: 0451-425627
E-mail: contact@unismuhpalu.ac.id