PERANAN EKSTRAKURIKULER SENI KALIGRAFI DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI M.A MUHAMMADIYAH NUNU PALU

PERANAN EKSTRAKURIKULER SENI KALIGRAFI DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI M.A MUHAMMADIYAH NUNU PALU


Abstrak

Skripsi ini mengkaji tentang ekstrakurikuler seni kaligrafi di MA Muhammadiyah Nunu Palu yang dapat menghasilkan kreativitas peserta didik. Dalam skripsi ini bertujuan untuk menjawab permasalahan pokok tentang bagaimana peranan ekstrakurikuler seni kaligrafi dalam meningkatkan kreativitas peserta didik. Permasalahan yang dapat diidentifikasikan dalam penelitian ini adalah; (1) Bagaimana pelaksanaan ekstrakurikuler seni kaligrafi terhadap peningkatan kreativitas peserta didik di MA Muhammadiyah Nunu Palu, (2) Bagaimana implikasi ekstrakurikuler seni kaligrafi terhadap peningkatkan kreatifitas peserta didik di MA Muhammadiyah Nunu Palu.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang digunakan sebagai pendekatan penelitian. Data dan sumber data dalam penelitian ini adalah kata-kata, tindakan dan dokumen, sedangkan sumber datanya yaitu informan, sumber data tertulis dalam dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data kemudian dianaalisis melalui pengolahan data dan analisa data. Pengecekan data dilakukan dengan peneliti membaca berbagai macam referensi buku maupun hasil penelitian atau dokumentasi-dokumentasi yang terkait dengan temuan yang diteliti
Hasil penelitian peranan ekstrakurikuler seni kaligrafi dalam meningkatkan kreativitas peserta didik memiliki peran besar sehingga berpengaruh terhadap kreativitas peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian peranan ekstrakurikuler seni kaligrafi yaitu kaligrafi merupakan warisan kebudayaan islam yang masih dapat dinikmati sampai sekarang, merupakan perpanjangan fikiran manusia yang salah satu sarananya adalah pena, merupakan sarana informasi yang memiliki keindahan yang bernilai budaya. Pelaksanaan ekstrakurikuler seni kaligrafi ialah dengan menjelaskan materi tentang teknik-teknik dasar penulisan kaligrafi dengan contoh kalimat dipapan tulis kemudian peserta didik menyalinnya di atas kertas HVSnya masing-masing, menyediakan ruangan agar mereka lebih leluasa dalam berkreasi. Implikasi penelitian dapat dijadikan pertimbangan bahwa peranan ekstrakurikuler seni kaligrafi memiliki peran dalam meningkatkan kreativitas peserta didik seperti peserta didik lebih pandai dalam menulis arab, menumbuhkan sikap religius, menimbulkan sifat krreatif, dan sebagai sarana mencari rezeki.
Kata Kunci : PERAN, EKSTRAKURIKULER, SENI KALIGRAFI,
DAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Irawati A. Sahman
Pengarang IRAWATI A. SAHMAN
Edisi Publish
No. Panggil
Subyek
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Universitas Muhammadiyah Palu
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit Indonesia
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :

Citation

Irawati A. Sahman. (2018). PERANAN EKSTRAKURIKULER SENI KALIGRAFI DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI M.A MUHAMMADIYAH NUNU PALU. Retrieved from http://repository.unismuhpalu.ac.id/?p=show_detail&id=19&ath=Irawati%20A.%20Sahman&yr=2018

 



Info Repository

Selamat datang di Repository Universitas Muhammadiyah Palu. Gunakan kotak penelusuran untuk mencari judul Skripsi, Tesis, dan Disertasi.

Media Sosial / Kanal

Facebook Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official
Youtube Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official
Instagram Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official

Alamat

Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Palu
Jl. Jabal Nur, No 1.
Talise, Mantikulore
Telp: 0451-425627
E-mail: contact@unismuhpalu.ac.id