FAKTOR RISIKO KEJADIAN HIPERTENSI PADA LANSIA DI DESA OGODOPI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KASIMBAR KABUPATEN PARIGI MOUTONG

FAKTOR RISIKO KEJADIAN HIPERTENSI PADA LANSIA DI DESA OGODOPI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KASIMBAR KABUPATEN PARIGI MOUTONG


Abstrak

Universitas Muhammadiyah Palu
Fakultas Kesehatan Masyarakat
Skripsi, April 2018


Ni Wayan Sudarni
“Faktor Risiko Kejadian Hipertensi pada Lansia di Desa Ogodopi Wilayah Kerja Puskesmas Kasimbar Kabupaten Parigi Moutong”
(xiii + 58 Halaman + 9 Tabel + 1 Gambar + 8 Lampiran)

Hipertensi adalah penyakit yang kejadiannya sering dijumpai pada lansia dan kejadiannya diperkirakan akan terus meningkat seiring pertambahan usia dan perubahan gaya hidup. Hipertensi merupakan kondisi patologis yang dapat menyebabkan kelainan multiorgan termasuk mata, jantung, ginjal dan otak. Tujuan penelitian adalah untuk faktor risiko kejadian hipertensi pada lansia di Desa Ogodopi Wilayah Kerja Puskesmas Kasimbar Kabupaten Parigi Moutong.
Jenis penelitian ini penelitian survei analitik yaitu penelitian yang mencoba menggali bagaimana faktor risiko itu terjadi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan case control. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 64 responden yang terdiri dari 32 kasus dan 32 kontrol.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh antara pola makan dengan nilai OR = 16.111 > 1, aktifitas fisik dengan nilai OR = 3.857 > 1 dan penyakit diabetes militus dengan nilai OR = 21.923 > 1 terhadap Penyakit hipertensi pada lansia di Puskesmas Kasimbar Kabupaten Parigi Moutong.
Kesimpulan dalam penelitian ini didapatkan ada pengaruh ketiga variabel independen (pola makan, aktifitas fisik, dan penyakit diabetes militus dengan variabel dependen penyakit hipertensi pada lansia. Saran dalam penelitian diharapkan bagi pihak instansi terkait Puskesmas Kasimbar Kabupaten Parigi Moutong mampu meningkatkan sosialisasi dan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan di posbindu pada lansia agar menurunkan angka kejadian penyakit hipertensi.

Daftar Pustaka : 25 (2012 – 2017)
Kata Kunci : Pola makan, aktifitas fisik, diabetes militus, hipertensi


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Ni Wayan Sudarni
Pengarang Ni Wayan Sudarni
Edisi Publish
No. Panggil
Subyek Fakultas Kesehatan Masyarakat
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Universitas Muhammadiyah Palu
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit Indonesia
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik


Citation

Ni Wayan Sudarni. (2018). FAKTOR RISIKO KEJADIAN HIPERTENSI PADA LANSIA DI DESA OGODOPI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KASIMBAR KABUPATEN PARIGI MOUTONG. Retrieved from http://repository.unismuhpalu.ac.id/?p=show_detail&id=180&ath=Ni%20Wayan%20Sudarni&yr=2018

 



Info Repository

Selamat datang di Repository Universitas Muhammadiyah Palu. Gunakan kotak penelusuran untuk mencari judul Skripsi, Tesis, dan Disertasi.

Media Sosial / Kanal

Facebook Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official
Youtube Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official
Instagram Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official

Alamat

Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Palu
Jl. Jabal Nur, No 1.
Talise, Mantikulore
Telp: 0451-425627
E-mail: contact@unismuhpalu.ac.id