UPAYA MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SDN 10 BANAWA DALAM TINJAUAN PENDIDIKAN ISLAM

UPAYA MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SDN 10 BANAWA DALAM TINJAUAN PENDIDIKAN ISLAM


Abstrak

Skripsi ini membahas bagaimana mengatasi kejenuhan belajar peserta didik di SD Negeri 10 Banawa. Rumusan masalahnya terdiri dari dua hal sebagai berikut: Pertama, bagaimana upaya kejenuhan belajar pada peserta didik di SD Negeri 10 Banawa Kabupaten Donggala. Kedua, Implikasi upaya mengatasi kejenuhan belajar peserta didik di SD Negeri 10 Banawa Kabupaten Donggala.
Jenis penelitian yang penulis gunakan dalam skripsi ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yaitu keseluruhan data yang sudah dikumpulkan diolah dengan menyeleksi data dengan maksud mendapatkan data yang bermutu, selanjutnya teknik pengumpulan data yang penulis lakukan di lapangan, yaitu melalui observasi, wawancara (interview) dan dokumentasi. Kemudian teknik analisi data dalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian yang dibahas dalam skripsi ini meliputi hal-hal berikut: (1) Upaya mengatasi kejenuhan belajar pada peserta didik di SD Negeri 10 Banawa adalah dengan melakukan berbagai upaya, diantaranya menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi yaitu metode picture dan Tanya jawab, melakukan pendekatan terhadap peserta didik yaitu pendekatan emosional dan pendekatan keagamaan, dan melakukan evaluasi setiap akhir kegiatan pembelajaran yang dilakukan sebagai umpan balik terhadap proses kegiatan belajar mengajar, yang selanjutnya akan dijadikan sebagai titik tolak untuk memperbaiki dan meningkatkan proses pembelajaran selanjutnya. (2) Implikasi upaya dalam mengatasi kejenuhan yaitu adanya semangat yang ditunjukan oleh peserta didik dalam proses pembelajaran, hal itu di sebabkan oleh meteode yang digunakan pendidik dalam mengajar. Metode yang di gunakan pendidik bervariasi tidak hanya menggunakan metode ceramah tetapi juga menggunakan metode picture dan Tanya jawab. Khususnya pelajaran agama yang mana pendidik dalam memberi tugas selalu memberikan perlombaan siapa yang cepat dan tepat akan diberi hadiah.

Kata Kunci :Upaya Mengatasai Kejenuhan Belajar, SDN 10 Banawa, Tinjauan Pendidikan Islam


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Astaman
Pengarang Astaman
Edisi Publish
No. Panggil
Subyek
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Universitas Muhammadiyah Palu
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit Indonesia
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :

Citation

Astaman. (2018). UPAYA MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SDN 10 BANAWA DALAM TINJAUAN PENDIDIKAN ISLAM. Retrieved from http://repository.unismuhpalu.ac.id/?p=show_detail&id=18&ath=Astaman&yr=2018

 



Info Repository

Selamat datang di Repository Universitas Muhammadiyah Palu. Gunakan kotak penelusuran untuk mencari judul Skripsi, Tesis, dan Disertasi.

Media Sosial / Kanal

Facebook Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official
Youtube Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official
Instagram Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official

Alamat

Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Palu
Jl. Jabal Nur, No 1.
Talise, Mantikulore
Telp: 0451-425627
E-mail: contact@unismuhpalu.ac.id