HUBUNGAN KONDISI SANITASI LINGKUNGAN PADA KAWASAN KUMUH DENGAN PENYAKIT DIARE PADA ANAK BALITA DIKELURAHAN UJUNA WILAYAH KERJA PUSKESMAS KAMONJI

HUBUNGAN KONDISI SANITASI LINGKUNGAN PADA KAWASAN KUMUH DENGAN PENYAKIT DIARE PADA ANAK BALITA DIKELURAHAN UJUNA WILAYAH KERJA PUSKESMAS KAMONJI


Abstrak

Universitas Muhammadiyah Palu
Fakultas Kesehatan Masyarakat
Skripsi, Arpil 2018

Achmad Ardiyansa
”Studi Hubungan Kondisi Sanitasi Lingkungan Pada Kawasan Kumuh Dengan Penyakit Diare Pada Anak Balita Di Kelurahan Ujuna Wilayah Kerja Pusksmas Kamonji”
(vi + 62 Halaman + 11 Tabel + 13 Lampiran)

Kebersihan lingkungan merupakan sesuatu yang sangat berpengaruh terhadap kesehatan pada umumnya.Banyaknya penyakit - penyakit lingkungan yang menyerang masyarakat karena kurang bersihnya lingkungan disekitar ataupun kebiasaan yang buruk yang mencemari lingkungan tersebut.
Desain penelitian ini adalah survei analitik yang mencoba menggali bagaimana dan mengapa fenomena kesehatan itu terjadi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan Cross Sectional study yaitu suatu penelitian untuk mempelajari dinamika korelasi antara faktor-faktor risiko dengan efek, dengan cara pendekatan, observasional. uji statistik Chi Square menunjukkan bahwa, tidak ada hubungan bermakna antara kondisi fisik air dengan penyakit diare pada anak balita dengan nilai p = 0.161 (p > 0.05), pembuangan sampah dengan kejadian diare dengan nilai p=0,013 > 0,05 ,hal ini berarti tidak terdapat hubungan yang signifikan, sarana pembuangan air limbah dengan kejadian diare dengan nilai p=0,001 < 0,05, hal ini berarti terdapat hubungan yang signifikan, pembuagan tinja dengan kejadian penyakit diare dengan nilai p=0,000 < 0,05, hal ini berarti terdapat hubungan yang signifikan.
Berdasarkan hasil penelitian maka tidak ada hubungan bermakna antara kondisi fisik air dengan penyakit diare pada anak balita dengan nilai p = 0.161 (p > 0.05), tidak ada hubungan bermakna antara tempat sampah dengan penyakit diare pada anak balita dengan nilai p = 0.13 (p > 0.05), ada hubungan bermakna antara Saluran Pembuangan Air Limbah (SPAL) dengan penyakit diare pada anak balita dengan nilai p = 0.008 (p <0.05). ada hubungan bermakna antara kepemilikan jamban dengan penyakit diare pada anak balita Di dengan nilai p = 0.000 (p < 0.05).
Diharapkan penelitian ini dapat menjadi bahan tambahan informasi bagi praktisi kesehatan sebagai rujukan dalam melaksanakan penelitian selanjutnya serta sebagai bahan pertimbangan untuk mengambil kebijakan khususnya tetang hal-hal yang dapat menyebabkan diare.

Daftar Pustaka : 19 (2010-2013)
Kata Kunci : Sanitasi Lingkungan Kawasan Kumuh Dengan Diare


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Achmad Ardiyansa
Pengarang Achmad Ardiyansa
Edisi Publish
No. Panggil
Subyek Fakultas Kesehatan Masyarakat
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Universitas Muhammadiyah Palu
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit Indonesia
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik


Citation

Achmad Ardiyansa. (2018). HUBUNGAN KONDISI SANITASI LINGKUNGAN PADA KAWASAN KUMUH DENGAN PENYAKIT DIARE PADA ANAK BALITA DIKELURAHAN UJUNA WILAYAH KERJA PUSKESMAS KAMONJI. Retrieved from http://repository.unismuhpalu.ac.id/?p=show_detail&id=170&ath=Achmad%20Ardiyansa&yr=2018

 



Info Repository

Selamat datang di Repository Universitas Muhammadiyah Palu. Gunakan kotak penelusuran untuk mencari judul Skripsi, Tesis, dan Disertasi.

Media Sosial / Kanal

Facebook Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official
Youtube Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official
Instagram Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official

Alamat

Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Palu
Jl. Jabal Nur, No 1.
Talise, Mantikulore
Telp: 0451-425627
E-mail: contact@unismuhpalu.ac.id