FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENYAKIT DIABETES MELITUS DI RUANG POLI INTERNA RSUD MOKOPIDO KABUPATEN TOLI-TOLI

FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENYAKIT DIABETES MELITUS DI RUANG POLI INTERNA RSUD MOKOPIDO KABUPATEN TOLI-TOLI


Abstrak

Universitas Muhammadiyah Palu
Fakultas Kesehatan Masyarakat
Skripsi, Mei 2018
Fharitz R. Mahmud
“Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Penyakit Diabetes Melitus Di Ruang Poli Interna Rsud Mokopido Kabupaten Toli-Toli”
(xi + 46 Halaman + 9 Tabel + 9 Lampiran)
Diabetes Melitus (DM) adalah gangguan kesehatan yang berupa kumpulan gejala yang disebabkan oleh peningkatan kadar gula (glukosa) darah akibat kekurangan atau resistensi insulin. DM dapat menimbulkan komplikasi seperti hipertensi, gangguan penglihatan, kerusakan ginjal, neuropati diabetik dll. Faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya penyakit diabetes melitus yaitu pola makan, aktifitas fisik dan status pekerjaan.
Jenis penelitian ini adalah jenis kuantitatif dengan desain studi non-eksperimental dengan pendekatan Cross Sectional dengan sampel berjumlah 76 responden diperoleh dari hasil perhitungan dengan menggunakan rumus Estimasi Proporsi dari 291 responden penderita yang terdaftar di RSUD Mokopido Kabupaten Tolitoli.
Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan yang bermakna antara pola makan dengan nilai ρ = 0,001 (ρ < 0,05), aktifitas fisik ρ = 0,004 (ρ < 0,05), status pekerjaan ρ = 0,003 (ρ < 0,05) terhadap penyakit diabetes melitus di RSUD Mokopido Kabupaten Tolitoli.
Ditujukan bagi pihak instansi terkait Khususnya RSUD Mokopido agar selalu meningkatkan pelayanan maupun penyuluhan kesehatan dalam hal penyakit diabetes melitus, dengan harapan agar mengurangi angka penderita diabetes di kabupaten tolitoli.

Daftar Pustaka : 25 (2009 – 2017)
Kata Kunci : Pola makan, Aktifitas fisik, Status Pekerjaan dan Penyakit Diabetes Melitus


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Fharitz R. Mahmud
Pengarang Fharitz R. Mahmud
Edisi Publish
No. Panggil
Subyek Fakultas Kesehatan Masyarakat
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Universitas Muhammadiyah Palu
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit Indonesia
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik


Citation

Fharitz R. Mahmud. (2018). FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENYAKIT DIABETES MELITUS DI RUANG POLI INTERNA RSUD MOKOPIDO KABUPATEN TOLI-TOLI. Retrieved from http://repository.unismuhpalu.ac.id/?p=show_detail&id=167&ath=Fharitz%20R.%20Mahmud&yr=2018

 



Info Repository

Selamat datang di Repository Universitas Muhammadiyah Palu. Gunakan kotak penelusuran untuk mencari judul Skripsi, Tesis, dan Disertasi.

Media Sosial / Kanal

Facebook Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official
Youtube Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official
Instagram Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official

Alamat

Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Palu
Jl. Jabal Nur, No 1.
Talise, Mantikulore
Telp: 0451-425627
E-mail: contact@unismuhpalu.ac.id