IMPLEMENTASI PERATURAN MENTERI KESEHATAN NOMOR 269 TAHUN 2008 TENTANG REKAM MEDIS PERAWATAN JIWA DI RUMAH SAKIT MADANI PALU

IMPLEMENTASI PERATURAN MENTERI KESEHATAN NOMOR 269 TAHUN 2008 TENTANG REKAM MEDIS PERAWATAN JIWA DI RUMAH SAKIT MADANI PALU


Abstrak

Universitas Muhammadiyah Palu
Fakultas Kesehatan Masyarakat
Skripsi, Juli 2018

RIZKA DEWI R MA’YUM

“IMPLEMENTASI PERMENKES NOMOR 269 TAHUN 2008
TENTANG REKAM MEDIS PERAWATAN JIWA DI RUMAH SAKIT
MADANI PALU”
(xii + 59 Halaman + 1 Tabel + 7 Lampiran)

Salah satu parameter untuk menentukan mutu pelayanan kesehatan di Rumah Sakit adalah data atau informasi dari rekam medis yang baik dan lengkap. Dalam rekam medis yang lengkap, dapat diperoleh informasi-informasi yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Kegunaan rekam medis mengandung beberapa aspek yaitu aspek administrasi, hukum, keuangan, penelitian, pendidikan, dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi rekam medis khususnya pada perawatan jiwa berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan nomor 269 tahun 2008.
Penelitian ini dilakukan dalam bentuk penelitian kualitatif melalui metode yang dilakukan membuat gambaran atau deskripsi tentang suatu keadaan, dimana penggambaran atas datanya dengan menggunakan kata dan baris kalimat, dengan 5 informan, dimana informan kunci merupakan Kepala Instalasi Rekam medis, penelitian ini dilaksanakan mulai dari tanggal 15 Mei sampai dengan tanggal 02 Juli 2018 di Rumah Sakit Madani Palu.
Dari hasil penelitian tentang implementasi Peraturan Menteri Kesehatan nomor 269 tahun 2008 tentang rekam medis perawatan jiwa dapat disimpulkan bahwa Rumah Sakit Madani Palu telah melaksanakan rekam medis berdasarkan PERMENKES nomor 269 tahun 2008 tentang Rekam Medis. Akan tetapi kendala dalam penyelenggaraan rekam medis tersebut, yaitu mengenai kelengkapan yang masih kurang dikarenakan ketidakpatuhan tenaga kesehatan dan kurangnya sumber daya manusia pada instalasi rekam medis.
Disarankan kepada petugas pengelola rekam medis rutin melakukan pemeriksaan dan pengawasan kepada petugas pelaksana dalam hal pengisian rekam medis yang tepat dan benar serta mengontrol pengembalian rekam medis agar tepat waktu.
Daftar Pustaka : 21 (2010-2017)
Kata Kunci : Implementasi, Rekam Medis.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Rizka Dewi R. Ma'yum
Pengarang Rizka Dewi R. Ma'ýum
Edisi Publish
No. Panggil
Subyek Fakultas Kesehatan Masyarakat
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Universitas Muhammadiyah Palu
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit Indonesia
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik


Citation

Rizka Dewi R. Ma'yum. (2018). IMPLEMENTASI PERATURAN MENTERI KESEHATAN NOMOR 269 TAHUN 2008 TENTANG REKAM MEDIS PERAWATAN JIWA DI RUMAH SAKIT MADANI PALU. Retrieved from http://repository.unismuhpalu.ac.id/?p=show_detail&id=164&ath=Rizka%20Dewi%20R.%20Ma%27yum&yr=2018

 



Info Repository

Selamat datang di Repository Universitas Muhammadiyah Palu. Gunakan kotak penelusuran untuk mencari judul Skripsi, Tesis, dan Disertasi.

Media Sosial / Kanal

Facebook Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official
Youtube Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official
Instagram Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official

Alamat

Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Palu
Jl. Jabal Nur, No 1.
Talise, Mantikulore
Telp: 0451-425627
E-mail: contact@unismuhpalu.ac.id