HUBUNGAN KONDISI LINGKUNGAN SEKITAR RUMAH DENGAN PENYAKIT MALARIA DI KELURAHAN BARU KECAMATAN BAOLAN KABUPATEN TOLITOLI

HUBUNGAN KONDISI LINGKUNGAN SEKITAR RUMAH DENGAN PENYAKIT MALARIA DI KELURAHAN BARU KECAMATAN BAOLAN KABUPATEN TOLITOLI


Abstrak

Universitas Muhammadiyah Palu
Fakultas Kesehatan Masyarakat
Skripsi, Mei 2018


Penyakit malaria merupakan penyakit infeksi parasit yang disebabkan oleh Plasmodium yang menyerang eritrosit dan ditandai dengan ditemukannya bentuk aseksual di dalam darah. Infeksi malaria memberikan gejala berupa demam, menggigil, anemia dan spelomegali. Penyakit menular ini sangat dominan di daerah tropis dan subtropis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kondisi lingkungan sekitar rumah dengan penyakit malaria di Kelurahan Baru Kecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli.
Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan secara Cross Sectional Study dimana variabel dependent dan variabel independent dikumpulkan dalam waktu bersamaan. Populasi dalam penelitian adalah 259 penderita malaria yang terdapatdi Kelurahan Baru Kecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli.Analisis yang digunakan adalah analisis univariat dan analisis bivariat.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil analisis bivariat keberadaan genangan air dengan penyakit malaria diperoleh nilai P=0,014>0,05yang berarti ada hubungan keberadan genangan air dengan penyakit malaria,sedangkan hasil analisis keberadaan kandang ternak dengan penyakit malaria diperoleh nilai P=0,163<0,05 yang berarti tidak ada hubungan keberadaan kandang ternak dengan penyakit malaria di Kelurahan Baru Kecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli.
Penelitian ini menyarankan kepada instansi di Kelurahan Baru Kecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli diharapkan lebih meningkatkan upaya pencegahan baik dalam penyebaran informasi maupun dengan upaya-upaya lainnya yang berhubungan dengan penyakit malaria.

Kata Kunci : Keberadaan Genangan Air, Keberadaan Kandang Ternak, Penyakit Malaria
Daftar Pustaka : 19 (2010-2017)


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Ika Rahmadani
Pengarang Ika Rahmadani
Edisi Publish
No. Panggil
Subyek Fakultas Kesehatan Masyarakat
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Universitas Muhammadiyah Palu
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit Indonesia
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik


Citation

Ika Rahmadani. (2018). HUBUNGAN KONDISI LINGKUNGAN SEKITAR RUMAH DENGAN PENYAKIT MALARIA DI KELURAHAN BARU KECAMATAN BAOLAN KABUPATEN TOLITOLI. Retrieved from http://repository.unismuhpalu.ac.id/?p=show_detail&id=161&ath=Ika%20Rahmadani&yr=2018

 



Info Repository

Selamat datang di Repository Universitas Muhammadiyah Palu. Gunakan kotak penelusuran untuk mencari judul Skripsi, Tesis, dan Disertasi.

Media Sosial / Kanal

Facebook Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official
Youtube Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official
Instagram Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official

Alamat

Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Palu
Jl. Jabal Nur, No 1.
Talise, Mantikulore
Telp: 0451-425627
E-mail: contact@unismuhpalu.ac.id