FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN ISPA PADA ANAK BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KOTA MANAGAISAKI KABUPATEN TOLITOLI

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN ISPA PADA ANAK BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KOTA MANAGAISAKI KABUPATEN TOLITOLI


Abstrak

Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) merupakan salah satu penyebab utama kematian dengan membunuh ± 4 juta dari 13 juta anak balita setiap tahun, World Health Organization (WHO) mencatat sekitar empat juta orang meninggal dunia setiap tahunnya karena ISPA dan penyakit ISPA menjadi penyebab utama mortalitas pada anak balita di dunia.
Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan secara Cross Sectional Study dimana variabel dependent dan variabel independent dikumpulkan dalam waktu bersamaan. Populasi dalam penelitian adalah 280 anak balita yang terdapat di Wilayah Kerja Puskesmas Managaisaki Kabupaten Tolitoli. Analisis yang digunakan adalah analisis univariat dan analisis bivariat.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil analisis bivariat kelembaban udara dengan penyakit ISPA diperoleh nilai P=1,000>0,05 yang berarti tidak ada hubungan kelembaban udara dengan penyakit ISPA di wilayah kerja puskesmas kota managaisaki kabupaten tolitoli, hasil analisis Luas Ventilasi Kamar dengan penyakit ISPA diperoleh nilai P=1,000>0,05 yang berarti tidak ada hubungan Luas Ventilasi Kamar dengan ISPA di wilayah kerja puskesmas kota managaisaki kabupaten tolitoli, sedangkan hasil analisis hubungan kepadatan hunian dengan penyakit ISPA diperoleh nilai P=0,005<0,05 yang berarti ada hubungan Kepadatan Hunian dengan penyakit ISPA di wilayah kerja puskesmas kota managaisaki kabupaten tolitoli.
Penelitian ini meyarankan kepada instansi Puskesmas Kota Managaisaki Kabupaten Tolitoli diharapkan lebih meningkatkan upaya pencegahan ISPA baik dalam penyebaran informasi maupun dengan upaya-upaya lainnya yang berhubungan dengan Penyakit ISPA.

Kata Kunci : ISPA, Kelembaban, Ventilasi, Kepadatan Hunian
Daftar pustaka : 20 (2010-2017)


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Hadriyanti
Pengarang Hadriyanti
Edisi Publish
No. Panggil
Subyek Fakultas Kesehatan Masyarakat
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Universitas Muhammadiyah Palu
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit Indonesia
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik


Citation

Hadriyanti. (2018). FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN ISPA PADA ANAK BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KOTA MANAGAISAKI KABUPATEN TOLITOLI. Retrieved from http://repository.unismuhpalu.ac.id/?p=show_detail&id=157&ath=Hadriyanti&yr=2018

 



Info Repository

Selamat datang di Repository Universitas Muhammadiyah Palu. Gunakan kotak penelusuran untuk mencari judul Skripsi, Tesis, dan Disertasi.

Media Sosial / Kanal

Facebook Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official
Youtube Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official
Instagram Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official

Alamat

Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Palu
Jl. Jabal Nur, No 1.
Talise, Mantikulore
Telp: 0451-425627
E-mail: contact@unismuhpalu.ac.id