FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPEMILIKAN JAMBAN DI DESA TA’ANIUGE KECAMATAN TOMINI KABUPATEN PARIGI MOUTONG

FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPEMILIKAN JAMBAN DI DESA TA’ANIUGE KECAMATAN TOMINI KABUPATEN PARIGI MOUTONG


Abstrak

Universitas Muhammadiyah Palu
Fakultas Kesehatan masyarakat
Skripsi Mei 2018
Arlin
FAKTOR YANG YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPEMILIKAN JAMBAN DI DESA TA,ANIUGE KECAMATAN TOMINI KABUPATEN PARIGI MOUTONG
(xv + 49 halaman + 14 tabel + 8 Lampiran)
Pembangunan kesehatan bertujuan meningkatan kesadaran, kemauan dan kemmapuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setingi-tingginya, kesehatan merupakan fenomena sosial, pelayanan kesehatan bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhi derajat kesehatan tetapi juga dipengaruhi oleh faktor prilaku dan lingkungan, salah satu faktor lingkungan adalah kebiasaan masyarkat yang masih buang air besar sembarangan (BABS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan pengetahuan msyarakat, ketersedian air, kepemilikan lahan, pendapatan masyarakat dan peran petugas kesehatan terhadap kepemilikan jamban di Desa Ta,aniuge Kecamatan Tomini Kabupaten Parigi Moutong.
Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian survey analitik dengan pendekatan cross sectional yang dilakukan pada 75 responden dari 299 KK yang ada didesa Ta’aniuge Kecamatan Tomini Kabupaten Parigi Moutong.
Hasil Penelitian yang dilakukan ada hubungan antara pengetahuan (P value) 0,000 (P < 0,05). Ada hubungan antara ketersediaan air (P = 0,000 (P < 0,05) Ada hubungan antara pendapatan masyarakat (P = 0,001 (P < 0,05). Ada Hubungan kepemilikan lahan (P value) 0,0012 (P < 0,05). Ada Hubungan peran petugas (P = 0,001 ( P < 0,05 ) dengan kepemilikan jamban di Desa Ta,aniuge Kecamatan Tomini Kabupaten Parigi Moutong.
Disarankan Kepada Pihak terkait terutama pemerintah desa Ta,aniuge agar menganggarkan dari dana desa untuk pembangunan jamban sederhana bagi masyarakat berpendapatan rendah,pihak puskesmas bekerja sama dengan pemerintah desa melakukan pemicuan CLTS dan melakukan pelatihan kader kesehatan lingkungan.
Kata kunci : Pengetahuan, Ketersedian air, Peran Petugas Kesehatan dan Jamban
Daftar Pustaka : 19 (2012-2016)


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Arlin
Pengarang Arlin
Edisi Publish
No. Panggil
Subyek Fakultas Kesehatan Masyarakat
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Universitas Muhammadiyah Palu
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit Indonesia
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik


Citation

Arlin. (2018). FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPEMILIKAN JAMBAN DI DESA TA’ANIUGE KECAMATAN TOMINI KABUPATEN PARIGI MOUTONG. Retrieved from http://repository.unismuhpalu.ac.id/?p=show_detail&id=156&ath=Arlin&yr=2018

 



Info Repository

Selamat datang di Repository Universitas Muhammadiyah Palu. Gunakan kotak penelusuran untuk mencari judul Skripsi, Tesis, dan Disertasi.

Media Sosial / Kanal

Facebook Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official
Youtube Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official
Instagram Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official

Alamat

Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Palu
Jl. Jabal Nur, No 1.
Talise, Mantikulore
Telp: 0451-425627
E-mail: contact@unismuhpalu.ac.id