DAMPAK GURU BERCADAR TERHADAP PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SMP AL-HIJRAH KECAMATAN BIAU KABUPATEN BUOL DALAM TINJAUAN PENDIDIKAN ISLAM

DAMPAK GURU BERCADAR TERHADAP PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SMP AL-HIJRAH KECAMATAN BIAU KABUPATEN BUOL DALAM TINJAUAN PENDIDIKAN ISLAM


Abstrak

Dalam pemahaman pemakai busana cadar di Kecamatan Biau Kabupaten Buol, cadar atau jilbab bukanlah bentuk penindasan hak perempuan, justru sebaliknya, memberikan kebebasan penuh kepada perempuan untuk menjadi diri sendiri dan tidak hanya dilihat sebagai objek seksual semata..
Dari asumsi di atas, maka Skripsi ini membahas sub masalah yaitu: Pertama, bagaimana deskripsi pemakaian busana cadar di Kecamatan Biau Kabupaten Buol dalam tinjauan pendidikan Islam. Kedua, bagaimana implikasinya terhadap lingkungan sosial di Kecamatan Biau Kabupaten Buol dalam tinjauan pendidikan Islam.
Adapun tujuan yang ingin dicapai adalah pertama, untuk mengetahui dekripsi pemakaian busana cadar di Kecamatan Biau Kabupaten Buol dalam tinjauan pendidikan Islam, kedua, untuk mengetahui implikasinya terhadap lingkungan sosial di Kecamatan Biau Kabupaten Buol dalam tinjauan pendidikan Islam.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan paedagogik karena relevan dengan isu penelitian. Tehnik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Sementara pengecekan keabsahan data dilakukan melalui reduksi data, saturasi dan verifikasi data untuk mendapatkan data yang akurat.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masyarakat di Kecamatan Biau Kabupaten Buol, sangat memahami perbedaan pendapat ulama mengenai pemakaian cadar. Sebagian kecil masyarakat menyatakan hukumnya wajib bagi perempuan, namun sebagaian besar atau mayoritas yang mengatakan pemakaian cadar bukanlah hal yang diwajibkan, tetapi hanya bersifat sunnah saja.
Dengan demikian, dapat dismpulkan bahwa pemakaian busana cadar di Kecamatan Biau Kabupaten Buol dalam tinjauan pendidikan Islam mengundang perhatian masyarakat umum. Hal ini dipengaruhi oleh asumsi bahwa cadar identik dengan terorisme. Masyarakat terlanjur beropini. Citra yang sangat berlawanan sekali dengan kenyataan yang ada.

Kata Kunci : Guru Bercadar, Proses Belajar Mengajar, Pendidikan Islam


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Julaeha
Pengarang Julaeha Husain
Edisi Publish
No. Panggil
Subyek
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Universitas Muhammadiyah Palu
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit Indonesia
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :

Citation

Julaeha. (2018). DAMPAK GURU BERCADAR TERHADAP PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SMP AL-HIJRAH KECAMATAN BIAU KABUPATEN BUOL DALAM TINJAUAN PENDIDIKAN ISLAM. Retrieved from http://repository.unismuhpalu.ac.id/?p=show_detail&id=15&ath=Julaeha&yr=2018

 



Info Repository

Selamat datang di Repository Universitas Muhammadiyah Palu. Gunakan kotak penelusuran untuk mencari judul Skripsi, Tesis, dan Disertasi.

Media Sosial / Kanal

Facebook Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official
Youtube Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official
Instagram Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official

Alamat

Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Palu
Jl. Jabal Nur, No 1.
Talise, Mantikulore
Telp: 0451-425627
E-mail: contact@unismuhpalu.ac.id