KEPERCAYAAN MASYARAKAT TERHADAP ARWAH DI DESA PINAMULA KECAMATAN MOMUNU DALAM TINJAUAN PENDIDIKAN ISLAM

KEPERCAYAAN MASYARAKAT TERHADAP ARWAH DI DESA PINAMULA KECAMATAN MOMUNU DALAM TINJAUAN PENDIDIKAN ISLAM


Abstrak

Skripsi ini membahas tentang kepercayaan masyrakat terhadap arwah, tahlilan, kepercayaan magis di desa pinamula baru kecamatan momunu dalam tinjauan pendidikan islam dengan rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana Kepercayaan Masyarakat Terhadap Arwah di Desa Pinamula Baru Kecamatan Momunu? dan bagaimana tinjauan pendidikan islam terhadap Kepercayaan Masyarakat Terhadap Arwah di Desa Pinamula Baru Kecamatan Momunu
Adapun tujuan penelitian ini yaituUntuk mengetahui Kepercayaan Masyarakat Terhadap Arwah di Desa Pinamula Kecamatan Momunu Untuk mengetahui tinjauan pendidikan IslamTerhadap Arwah di Desa Pinamula Baru Kecamatan Momunu.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kependidikan karena sesuai dengan konteks permasalahan penelitian. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif melalui : redukasi data, penyajian data dan pertivikasi data (penarikan kesimpulan). Keabsahan data dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan kriteria kredibilitas (derajat kepercayaan).
Dengan demikian hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa :1.Kepercayaan mempunyai pengaruh pada diri masyarakat yang sangat mendalam terhadap arwah, Tahlilan dan kepercayaan Magis karena mereka akan mempertanggung jawabkan kepercayaan yang selama ini melekat pada masyarakatkarena tidak memiliki pengetahuan yang mendasar dari Al-Qur’an dan Hadis sehingga menganggap hal demikian adalah wajar dalam kehidupan bermasyarakat dan berragama serta minimnya pengetahuan agama 2. Adapun tinjauan pendidikan islam terhadap Arwah, Tahlilan dan kepercayaan magismemanfaatkan akal pikiran yang diberikan Allah untuk mempelajari dan memahami syariat islam serta meninggalkan amalan-amalan yang tidak sesuai dengan syariat islam, karena tidak ada satu ayatpun dalam Al-Qur’an, ataupun sepotong hadist sah yang mengajarkan kpercayaan terhadap arwah, Tahllan, kepercayaan magis yang memilki kekuatan dalam membantu kehidupan manusia untuk segala urusan dunia dan kebaikan akhiratYang bisa mendapat balasan pahala dan mempermudah menghadap Allah Swt, hanya orang yang selama hidupnya di dunia selalu menjadikan Al Quran Al-Hadist sebagai pedoman dan berbuat kebaikan yang akan selalu berada di jalan yang Allah ridoi dan akan bahagia selalu di dunia dan akhirat.

Kata Kunci Kepercayaan, Terhadap Arwah, Pendidikan Islam


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Asni
Pengarang Asni
Edisi Publish
No. Panggil
Subyek
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Universitas Muhammadiyah Palu
Tahun Terbit 2017
Tempat Terbit Indonesia
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :

Citation

Asni. (2017). KEPERCAYAAN MASYARAKAT TERHADAP ARWAH DI DESA PINAMULA KECAMATAN MOMUNU DALAM TINJAUAN PENDIDIKAN ISLAM. Retrieved from http://repository.unismuhpalu.ac.id/?p=show_detail&id=14&ath=Asni&yr=2017

 



Info Repository

Selamat datang di Repository Universitas Muhammadiyah Palu. Gunakan kotak penelusuran untuk mencari judul Skripsi, Tesis, dan Disertasi.

Media Sosial / Kanal

Facebook Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official
Youtube Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official
Instagram Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official

Alamat

Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Palu
Jl. Jabal Nur, No 1.
Talise, Mantikulore
Telp: 0451-425627
E-mail: contact@unismuhpalu.ac.id