TINJAUAN YURIDIS TERHADAP KEDUDUKAN HUKUM ADAT KAILI DALAM PROSES PENYELESAIAN TINDAK PIDANA DI SULAWESI TENGAH

TINJAUAN YURIDIS TERHADAP KEDUDUKAN HUKUM ADAT KAILI DALAM PROSES PENYELESAIAN TINDAK PIDANA DI SULAWESI TENGAH


Abstrak

Skripsi Ini Bertujuan (1) untuk mengetahui ketentuan terhadap hukum dan sanksi adat kaili di kota palu (2) untuk mengetahui kedudukan hukum adat kaili menurut konsep peraturan perundang-undangan nasional indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah normatif-empiris yang mana bertujuan menkaji pemberlakuan hukum dengan fenomena yang terjadi serta Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif.
Hasil Penelitian adalah (1) kedudukan terhadap pengakuan Hukum Adat dalam sistem hukum nasional dapat di lihat dalam beberapa aturan perundang-undangan seperti UUD RI 1945, UU Darurat tahun 1951, UU Nomor 39 tahun 1999 dan juga terdapat dalam RUU KUHP. (2) Hukum Adat yang hidup dalam masyarakat ini bagi masyarakat yang masih kental budaya aslinya akan sangat terasa. Penerapan hukum adat dalam kehidupan sehari-hari juga sering diterapkan oleh masyarakat. Saran penelitian ini (1) Bahwa Kiranya terciptanya pelaksanaan hukum yang sesuai dengan rasa keadilan masyarakat, penulis menyarankan agar dalam penyusunan KUHP Nasional nantinya perlu memandang nilai-nilai yang berada di daerah-daerah karena hukum yang berlaku saat ini masih menggunakan turunan belanda yang mana belum memandang nilai yang hidup di dalam masyarakat khususnya pada masnyarakat adat kaili. (2) Bahwa dengan berlakunya kedua hukum tersebut secara berdampingan akan memberikan dampak positif dimana akan lebih menjamin setiap kejahatan dapat di jerat oleh kedua sistem hokum tersebut, oleh karena itu hendaknya ter-hadap pengadilan adat musti di pertahankan eksistensinya dan di jaga kewibawaanya sehingga penerapannya didalam kehidupan dapat berjalan lang-geng dan tidak terkikis seiring dengan perubahan zaman.

Kata Kunci : Tinjauan Yuridis, Kedudukan Hukum, Hukum Adat Kaili


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Muhammad Amin
Pengarang Muhammad Amin
Edisi Publish
No. Panggil
Subyek Hukum
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Universitas Muhammadiyah Palu
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit Indonesia
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :
Hukum

Citation

Muhammad Amin. (2018). TINJAUAN YURIDIS TERHADAP KEDUDUKAN HUKUM ADAT KAILI DALAM PROSES PENYELESAIAN TINDAK PIDANA DI SULAWESI TENGAH. Retrieved from http://repository.unismuhpalu.ac.id/?p=show_detail&id=137&ath=Muhammad%20Amin&yr=2018

 



Info Repository

Selamat datang di Repository Universitas Muhammadiyah Palu. Gunakan kotak penelusuran untuk mencari judul Skripsi, Tesis, dan Disertasi.

Media Sosial / Kanal

Facebook Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official
Youtube Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official
Instagram Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official

Alamat

Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Palu
Jl. Jabal Nur, No 1.
Talise, Mantikulore
Telp: 0451-425627
E-mail: contact@unismuhpalu.ac.id