PROBLEM GURU PIAUD DALAM PENCAPAIAN PEMBELAJARAN DI TAMAN KANAK-KANAK SINGGANI DESA SILAMPAYANG DALAM TINJAUAN PENDIDIKAN ISLAM

PROBLEM GURU PIAUD DALAM PENCAPAIAN PEMBELAJARAN DI TAMAN KANAK-KANAK SINGGANI DESA SILAMPAYANG DALAM TINJAUAN PENDIDIKAN ISLAM


Abstrak

Permasalahan yang dibahas dalam Skripsi ini diformulasikan kedalam dua sub, yaitu: 1. Bagaimana deskripsi problem guru PIAUD dalam pencapaian pembelajaran di Taman Kanak-kanak Singgani Desa Silampayang, dan 2. Bagaimana dampak problem guru PIAUD dalam pencapaian pembelajaran di Taman Kanak-kanak Singgani Desa Silampayang dalam tinjauan pendidikan Islam.
Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah 1. untuk mengetahui deskripsi problem guru PIAUD dalam pencapaian pembelajaran di Taman Kanak-kanak Singgani Desa Silampayang, dan 2. untuk mengetahuidampak problem guru PIAUD dalam pencapaian pembelajaran di Taman Kanak-kanak Singgani Desa Silampayang dalam tinjauan pendidikan Islam.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian skripsi ini adalah metode penelitian deskriptif Kualitatif, Yang terdiri dari: Jenis Penelitian, Observasi, Dokumentasi, Pedoman wawancara, Pendekatan Penelitian, Jadwal Penelitian, Lokasi Penelitian, Kehadiran Peneliti, Sumber Data, Teknik Pengumpulan Data, Teknik Analisis Data, dan Pengecekan Keabsahan Data.
Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa: 1. Adapun deskripsi problem guru PIAUD dalam pencapaian pembelajaran di Taman Kanak-kanak Singgani Desa Silampayang adalah orangtua anak didik masih susah diajak kerjasama karena kesibukan mereka, TK belum mempunyai satpam dan Guru belum maksimal karena kesejahteraannya juga belum maksimal. 2. Dampak problem guru PIAUD dalam pencapaian pembelajaran di Taman Kanak-kanak Singgani Desa Silampayang dalam tinjauan pendidikan Islam adalah Pelaksanaan program tidak maksimal karena kurang partisipasi masyarakat, sementara pendidikan harus diperhatikan oleh semua elemen. Disisi lain, Pengembangan sarana prasarana tidak berjalan lancar karena hanya mengharap bantuan dari pemerintah saja, Orang tua dan wali anak didik susahh diajak berpartisipasi. Guru tidak fokus mengajar karena berfungsi juga sebagai keamanan, Guru harus bekerja sampingan untuk memenuhi kebutuhan, karena gaji di TK hanya sedikit.
Kata Kunci : PROBLEM,GURU, PENCAPAIAN PEMBELAJARAN


Problem discussed in this skripsi is problem of PIAUD teacher in learning achivement. at Kindergarden Singgani Silampajang in the islamic education review, which is formulated into two subs, namely 1. How is the description of PIAUD teacher problems in learning achievement at Kindergarden Singgani Desa Silampajang, and 2. How is the impact of PIAUD teacher problems in learning achievement at Kindergarden Singgani in the islamis education review.
The objectives of this research are 1.to find out the description of PIAUD teacher problem in learning achievement at Kindergarden Singgani Desa Silampajang, and 2. To find out the impact of PIAUD teacher problem in learning achievement at Kindergarden Singgani Sinlampajang in the islam education review.
The method used in this research is descriptive qualitative one that consists of kind of research, observation, documentation, interview guide, reserch approach, research schedule, research setting, researcher presence, data resources,technique of data collection, technique of data analysis, and check of data validity. Research finding shows that 1. PIAUD teacher problem in learning achievement at Kindergarden Singgani Desa Silampajang is students’ parents are still difficult to work together or cooperatively because of their business, Kindergarden does not have enough guards and teachers because their welfare has not been maximized. 2. Impact of PIAUD teacher problem in learning achievement at Kindergarden Singgani Desa Silampajang in the islamic education review is the implementation of program does not run maximally because of less community participation, while the education must be paid attention by all elements. In other word, the development of facilities and infractures does run smoothly because it only expects subsidies from the government. Parents and students’ guardian are difficult to participate. Teacher does not focus on teaching because he or she also functions as guards. Teacher must extra-work to meet his needs, because his salary at the Kindergarden is insufficient.

Keywords : PROBLEM, TEACHER, LEARNING ACHIEVEMENT


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Wahyuni
Pengarang Wahyuni
Edisi Publish
No. Panggil
Subyek
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Universitas Muhammadiyah Palu
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit Indonesia
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :

Citation

Wahyuni. (2018). PROBLEM GURU PIAUD DALAM PENCAPAIAN PEMBELAJARAN DI TAMAN KANAK-KANAK SINGGANI DESA SILAMPAYANG DALAM TINJAUAN PENDIDIKAN ISLAM. Retrieved from http://repository.unismuhpalu.ac.id/?p=show_detail&id=13&ath=Wahyuni&yr=2018

 



Info Repository

Selamat datang di Repository Universitas Muhammadiyah Palu. Gunakan kotak penelusuran untuk mencari judul Skripsi, Tesis, dan Disertasi.

Media Sosial / Kanal

Facebook Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official
Youtube Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official
Instagram Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official

Alamat

Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Palu
Jl. Jabal Nur, No 1.
Talise, Mantikulore
Telp: 0451-425627
E-mail: contact@unismuhpalu.ac.id