MENINGKATKAN KREATIFITAS ANAK MELALUI KEGIATAN MENGGAMBAR BEBAS PADA KELOMPOK B DIPAUD NEGERIMODEL TERPADU MADANI

MENINGKATKAN KREATIFITAS ANAK MELALUI KEGIATAN MENGGAMBAR BEBAS PADA KELOMPOK B DIPAUD NEGERIMODEL TERPADU MADANI


Abstrak

Permasalahan pada penelitian ini adalah Apakah penerapan kegiatan menggambar bebas dengan metode pemberian tugas dapat meningkatkan kemampuan kreativitas anak kelompok B Paud Negeri Model Terpadu Madani. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menggambar dengan metode pemberian tugas pada anak kelompok B di Paud Negeri Model Terpadu Madani. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart dan dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah 15 anak, yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan kreativitas anak meningkat melalui kegiatan menggambar bebas dengan metode pemberian tugas yakni dalam aspek menggambar bebas anak pada kondisi awal sebesar 13%, pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 30% menjadi 44%, pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 39% menjadi 83%. Mewarnai gambar pada kondisi awal sebesar 22%, pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 22% menjadi 44%, pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 34% menjadi 83%. Bercerita tentang isi gambar pada kondisi awal sebesar 28%, pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 22% menjadi 50%, pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 28% menjadi 78%. Penelitian ini berakhir pada siklus II dengan memenuhi indikator keberhasilan penelitian yaitu sebesar 83%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa kegiatan menggambar bebas dengan metode pemberian tugas dapat meningkatkan kemampuan kreativitas anak kelompok B Paud Negeri Model Terpadu Madani.

Kata Kunci : Motorik Halus, Menggambar Bebas


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Sulfiani
Pengarang Sulfiani
Edisi Publish
No. Panggil
Subyek FKIP
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Universitas Muhammadiyah Palu
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit Indonesia
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :
FKIP

Citation

Sulfiani. (2018). MENINGKATKAN KREATIFITAS ANAK MELALUI KEGIATAN MENGGAMBAR BEBAS PADA KELOMPOK B DIPAUD NEGERIMODEL TERPADU MADANI. Retrieved from http://repository.unismuhpalu.ac.id/?p=show_detail&id=129&ath=Sulfiani&yr=2018

 



Info Repository

Selamat datang di Repository Universitas Muhammadiyah Palu. Gunakan kotak penelusuran untuk mencari judul Skripsi, Tesis, dan Disertasi.

Media Sosial / Kanal

Facebook Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official
Youtube Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official
Instagram Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official

Alamat

Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Palu
Jl. Jabal Nur, No 1.
Talise, Mantikulore
Telp: 0451-425627
E-mail: contact@unismuhpalu.ac.id