MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN DI TK NEGERI MODEL TERPADU MADANI

MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN DI TK NEGERI MODEL TERPADU MADANI


Abstrak

Masalah penelitian adalah apakah kemandirian anak dapat di tingkatkan dengan kegiatan Bermain Peran. penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian melalui kegiatan Bermain pada kelompok B Paud Negeri Model Terpadu Madani. Kemandirian Belajar sangat penting untuk mendukung jenjang pendidikan selanjutnya. Penelitian Tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah anak-anak kelompok B Paud Negeri Model Terpadu Madani berjumlah 15 anak, terdiri dari 9 anak perempuan dan 6 anak laki-laki. Lokasi Paud madani Jalan Soekarno Hata Astoria Kelurahan talise Kecamatan Palu Timur Kota Palu. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yaitu siklus I dan Siklus II, dengan dua kali pertemuan masing – masing tahapan, yaitu perencanaan, pelaksaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil pembahasan yang telah di uraikan sebelumnya di simpulkan bahwa kemandirian belajar padapeserta didik Paud Negeri Model Terpadu Madani meningkat dengan kegiatan bermain peran. Hal ini dapat dilihat pada kenaikan frekuensi dan presentase yang terjadi pada kondisi awal dari 15 anak yang terampil hanya 5 anak atau (33%) terdiri dari 1 anak yang Berkembang Sangat Baik (****) dan 4 anak yang Berkembang Sesuai Harapan (***) pada siklus I menjadi 11 anak atau (73%) terdiri dari 5 anak yang Berkembang Sangat Baik (****) dan 6 anak yang Berkembang Sesuai Harapan (***) dan pada siklus 2 meningkat menjadi 14 anak atau (93%) yang terdiri 12 anak yang Berkembang Sangat Baik (****) dan 2 yang Berkembang Sesuai Harapan(***).



Kata kunci: Kemandirian Belajar Peserta Didik, Kegiatan Bermain Peran


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Murni
Pengarang Murni
Edisi Publish
No. Panggil
Subyek FKIP
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Universitas Muhammadiyah Palu
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit Indonesia
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :
FKIP

Citation

Murni. (2018). MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN DI TK NEGERI MODEL TERPADU MADANI. Retrieved from http://repository.unismuhpalu.ac.id/?p=show_detail&id=128&ath=Murni&yr=2018

 



Info Repository

Selamat datang di Repository Universitas Muhammadiyah Palu. Gunakan kotak penelusuran untuk mencari judul Skripsi, Tesis, dan Disertasi.

Media Sosial / Kanal

Facebook Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official
Youtube Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official
Instagram Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official

Alamat

Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Palu
Jl. Jabal Nur, No 1.
Talise, Mantikulore
Telp: 0451-425627
E-mail: contact@unismuhpalu.ac.id