TINJAUAN YURIDIS PEMBINAAN NARAPIDANA ANAK (Studi Kasus Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas II Palu)

TINJAUAN YURIDIS PEMBINAAN NARAPIDANA ANAK (Studi Kasus Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas II Palu)


Abstrak

Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan seminar hasil ini adalah metode penelitian normatif-empiris menggunakan teknik analisis bahan hukum yaitu teknik analisis kualitatif.
Skripsi ini bertujuan (1) Untuk mengetahui pelaksanaan pembinaan anak didik pemasyarakatan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas II Palu (2) Untuk mengetahui kendala dalam pembinaan anak didik pemasyarakatan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas II Palu
Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Pelaksanaan pembinaan anak didik pemasyarakatan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas II Palu, belum optimal karena keadaan lembaga masih dalam satu kompleks dengan Lembaga Pembinaan Klas II Palu, sehingga menggangu dalam hal pembinaan, pembinaan lebih fokus pada pembinaan keterampilan atau non formal, dan diupayakan lebih ditingkatkan supaya anak dapat sadar hukum dan taat hukum apabila kembali ke masyarakat dapat diterima kembali dan tidak mengulangi perbuatannya (2) Ada beberapa faktor yang menjadi kendala dalam pelaksanaan pembinaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas II Palu seperti sarana yang tersedia belum memadai, keterbatasan petugas pembinaan, kurangnya perhatian masyarakat, Pemda dan organisasi sosial dalam pembinaan anak serta alokasi anggaran yang minim untuk pembinaan sehingga pembinaan lebih fokus pada pembinaan non formal dan pelaksanaa pembinaan formal belum oprtimal karena keterbatasan tenaga pendidik seperti guru.
Saran penelitian ini: (1) Perlunya dibangun Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas II Palu tersendiri yang tidak bergabung dalam satu kompleks dengan lembaga pemasyarakatan dewasa, sehingga pembinaan anak dapat terbebas dari gangguan psikologis, dan dapat dibina sesuai dengan kondisi kejiwaan anak dan penbinaan tidak hanya mengutamakan pembinaan non formal tetapi sebanding dengan pembinaan formal. (2) Perlunya pemerintah menambah jumlah pegawai Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas II Palu, karena jumlah anak yang dibina semakin bertambah sedangkan pegawai yang khusus membina terbatas jumlahnya, dan perlunya Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas II Palu melakukan kerjasama dengan Dinas Pendidikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan menjadi pendidikan formal yang dilaksanakan di dalam Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas II Palu sehingga anak yang menjalani pidana tidak menghancurkan masa depan anak.


Kata Kunci : Pembinaan, Narapidana, Anak


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab HENDRA RASINAN TANDUNGAN
Pengarang HENDRA RASINAN TANDUNGAN
Edisi Publish
No. Panggil
Subyek Hukum
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Universitas Muhammadiyah Palu
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit Indonesia
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :
Hukum

Citation

HENDRA RASINAN TANDUNGAN. (2018). TINJAUAN YURIDIS PEMBINAAN NARAPIDANA ANAK (Studi Kasus Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas II Palu). Retrieved from http://repository.unismuhpalu.ac.id/?p=show_detail&id=118&ath=HENDRA%20RASINAN%20TANDUNGAN&yr=2018

 



Info Repository

Selamat datang di Repository Universitas Muhammadiyah Palu. Gunakan kotak penelusuran untuk mencari judul Skripsi, Tesis, dan Disertasi.

Media Sosial / Kanal

Facebook Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official
Youtube Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official
Instagram Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official

Alamat

Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Palu
Jl. Jabal Nur, No 1.
Talise, Mantikulore
Telp: 0451-425627
E-mail: contact@unismuhpalu.ac.id