TINJAUAN YURIDIS MENGENAI PELAKSANAAN TANGGUNG JAWAB PARA PIHAK DALAM PERJANJIAN PENGANGKUTAN BARANG MELALUI LAUT (Studi Kasus Pelabuhan Pantoloan)

TINJAUAN YURIDIS MENGENAI PELAKSANAAN TANGGUNG JAWAB PARA PIHAK DALAM PERJANJIAN PENGANGKUTAN BARANG MELALUI LAUT (Studi Kasus Pelabuhan Pantoloan)


Abstrak

Perjanjian pengangkutan melibatkan pengirim atau pemilik barang (shipper) dan pengangkut atau pelayaran (carrier). Perjanjian pengangkutan ini menimbulkan hak, kewajiban serta tanggung jawab yang berbeda dari masing- masing pihak. Hak, kewajiban dan tanggung jawab ini harus dipenuhi sebaik baiknya oleh masing-masing pihak. Manakala terjadi suatu kelalaian atau wanprestasi yang mrngakibatkan suatu kerugian maka pihak yang dirugikan berhak menunutut ganti rugi. Jika timbul suatu masalah dimana masalah tersebut tidak bisa terselesaikan sendiri oleh masing-masing pihak maka masalah tersebut akan dapat diselesaikan berdasarkan pada pengadilan setempat, ataupun pengadilan/ arbitrase dimana telah diperjanjikan di dalam perjanjian pengangkutan tersebut.
Adapun metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode penelitian Normatif, Penelitian hukum normatif atau penelitian hukum kepustakaan yaitu penelitian hukum yang dilakukan dengan cara meneliti bahan pustaka atau data sekunder (bahan pustaka) yang bersifat hukum atau berupa norma hukum tertulis.
Mengingat Perjanjian Pengangkutan memegang peranan yang sangat penting dalam pengangkutan itu sendiri maka, para pihak harus benar-benar memahami dan mengerti isi dari perjanjian pengangkutan itu sendiri. Karena di dalam perjanjian pengangkutan itu juga tercantum segala hak, kewajiban dan tanggung jawab para pihak. Sehingga apabila salah satu pihak wanprestasi maka masing-masing dapat menuntut penyelesaian sebagaimana tercantum di dalam perjanjian pengangkutan tersebut. Kata
Kunci: Perjanjian Pengangkutan, hak dan tanggung jawab serta kewajiban.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Abd. Razak
Pengarang Abd. Razak
Edisi Publish
No. Panggil
Subyek Hukum
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Universitas Muhammadiyah Palu
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit Indonesia
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :
Hukum

Citation

Abd. Razak. (2018). TINJAUAN YURIDIS MENGENAI PELAKSANAAN TANGGUNG JAWAB PARA PIHAK DALAM PERJANJIAN PENGANGKUTAN BARANG MELALUI LAUT (Studi Kasus Pelabuhan Pantoloan). Retrieved from http://repository.unismuhpalu.ac.id/?p=show_detail&id=116&ath=Abd.%20Razak&yr=2018

 



Info Repository

Selamat datang di Repository Universitas Muhammadiyah Palu. Gunakan kotak penelusuran untuk mencari judul Skripsi, Tesis, dan Disertasi.

Media Sosial / Kanal

Facebook Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official
Youtube Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official
Instagram Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official

Alamat

Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Palu
Jl. Jabal Nur, No 1.
Talise, Mantikulore
Telp: 0451-425627
E-mail: contact@unismuhpalu.ac.id