PEMBERIAN HUKUMAN DISIPLIN APARATUR SIPIL NEGARA DI SATUAN POLISI PAMONG PRAJA BERDASARKAN PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 53 TAHUN 2010 (Studi Pada Satuan Polisi Pamong Praja Kota Palu)

PEMBERIAN HUKUMAN DISIPLIN APARATUR SIPIL NEGARA DI SATUAN POLISI PAMONG PRAJA BERDASARKAN PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 53 TAHUN 2010 (Studi Pada Satuan Polisi Pamong Praja Kota Palu)


Abstrak

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui proses pemberian hukuman disiplin Pegawai Negeri Sipil di Satuan Polisi Pamong Praja Kota Palu. (2) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam pemberian hukuman disiplin terhadap Pegawai Negeri Sipil di Satuan Polisi Pamong Praja Kota Palu.
Metode Penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah metode penelitian hukum empiris dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif.
Hasil penelitian yang dilakukan diSatuan Polisi Pamong Praja kota palu bahwa ada Pegawai Negeri Sipil yang melanggar PP No.53 tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil yang melakukan pelanggaran dengan kategori hukuman disiplin ringan dan sedang.disiplin ringan dengan teguran lisan yaitu dalam masa kehadiran 1-5 hari masa kerja tanpa keterangan , teguran tertulis yaitu dengan tidak masuk kerja selama 6-10 hari tanpa alasan dan hukuman disiplin sedang yaitu masa kehadiran 16-20 tanpa keterangan apapun.
Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Proses pemberian hukuman disiplin atas Pegawai Negeri Sipil yang telah melakukan pelanggaran disiplin ringan dan sedang menurut Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 dapat dilakukan dengan beberapa tahap yaitu proses pemanggilan, proses pemeriksaan proses penjatuhan hukuman, proses penyampaian keputusan dan proses keberatan terhadap penjatuhan hukuman. Proses tersebut belum dilaksanakan secara optimal oleh Satuan Polisi Pamong Praja Kota Palu. (2) Kendala yang dihadapi dalam pemberian hukuman di Satuan Polisi Pamong Praja Kota Palu adalah ketidakpatuhan bawahan terhadap perintah pimpinan dan kurangnya pengetahuan tentang ketentuan peraturan perundang-undangan serta rendahnya kesadaran Pegawai Negeri Sipil akan pentingnya arti tanggung jawab dan disiplin berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 53 tahun 2010.

Kata Kunci :Hukuman Displin, ASN Satpol PP


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Ami Agustina
Pengarang Ami Agustina
Edisi Publish
No. Panggil
Subyek F.Hukum
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Universitas Muhammadiyah Palu
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit Indonesia
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :
F.Hukum

Citation

Ami Agustina. (2018). PEMBERIAN HUKUMAN DISIPLIN APARATUR SIPIL NEGARA DI SATUAN POLISI PAMONG PRAJA BERDASARKAN PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 53 TAHUN 2010 (Studi Pada Satuan Polisi Pamong Praja Kota Palu). Retrieved from http://repository.unismuhpalu.ac.id/?p=show_detail&id=112&ath=Ami%20Agustina&yr=2018

 



Info Repository

Selamat datang di Repository Universitas Muhammadiyah Palu. Gunakan kotak penelusuran untuk mencari judul Skripsi, Tesis, dan Disertasi.

Media Sosial / Kanal

Facebook Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official
Youtube Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official
Instagram Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official

Alamat

Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Palu
Jl. Jabal Nur, No 1.
Talise, Mantikulore
Telp: 0451-425627
E-mail: contact@unismuhpalu.ac.id