KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT NELAYAN DI KELURAHAN TONDO KECAMATAN MANTIKULORE KOTA PALU

KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT NELAYAN DI KELURAHAN TONDO KECAMATAN MANTIKULORE KOTA PALU


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data mengenai kehidupan sosial ekonomi masyarakat nelayan di Kelurahan Tondo dan kendala yang dihadapai masyarakat nelayan itu sendiri dalam mengembangkan usahanya.
Untuk menjawab masalah penelitian, dilakukan penelitian dengan melalui tahapan penelitian pustaka dan penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah sebanyak 6 orang dengan melalui teknik purposive
Hasil penelitian adalah: Kehidupan sosial ekonomi masyarakat nelayan di Kelurahan Tondo: secara sosial hubungan atau interaksi tetap saja terjaga dan terbangun sebagaimana layaknya kehidupan masyarakat pada umumnya. Dalam kehidupan sehari-hari interaksi senanatiasa berjalan, kerjasama dalam berbagai wujudnya tetap ada. Interaksi yang terjadi tersebut tidak saja antar sesama nelayan tetapi juga diluar komunitas nelayan. Secara ekonomi kehidupan nelayan di Kelurahan Tondo tidak mengalami kemajuan yang berarti dari waktu ke waktu. Tingkat pendapatan mereka sebenarnya sudah memadai, tetapi tidak dapat dimanfaatkan untuk pengembangan usahanya sebagai komunitas nelayan.
Hambatan yang dirasakan oleh komunitas nelayan di Kelurahan Tondo antara lain: tidak adanya modal kerja baik dalam bentuk uang (dana) maupun dalam bentuk manajemen kerja yang bagus. Tidak adanya bantuan, baik dari pihak pemerintah maupun swasta dan terdapatnya nelayan yang sudah beralih ke jenis pekerjaan lain serta tidak adanya regenerasi di kalangan nelayan.
__________
Kata kunci : Kehidupan Sosial Ekonomi Nelayan.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Rifaldi
Edisi Publish
No. Panggil
Subyek F. Fisip
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Universitas Muhammadiyah Palu
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit Indonesia
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :
F. Fisip

Citation

. (2018). KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT NELAYAN DI KELURAHAN TONDO KECAMATAN MANTIKULORE KOTA PALU. Retrieved from http://repository.unismuhpalu.ac.id/?p=show_detail&id=109&ath=&yr=2018

 



Info Repository

Selamat datang di Repository Universitas Muhammadiyah Palu. Gunakan kotak penelusuran untuk mencari judul Skripsi, Tesis, dan Disertasi.

Media Sosial / Kanal

Facebook Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official
Youtube Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official
Instagram Repository Universitas Muhammadiyah Palu Official

Alamat

Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Palu
Jl. Jabal Nur, No 1.
Talise, Mantikulore
Telp: 0451-425627
E-mail: contact@unismuhpalu.ac.id